Cerita Ridwan Kamil Buat Lukisan Perjalanan Hidup Ibunda Tercinta yang Kaya Makna

Oleh Henry pada 19 Mar 2020, 16:03 WIB
Diperbarui 19 Mar 2020, 16:03 WIB
[Fimela] Ridwan Kamil
Perbesar
Pemain film Dilan 1991 berkunjung kerumah Dinas Ridwan Kamil (Adrian Putra/Fimela.com)

Liputan6.com, Jakarta -  Wabah virus corona Covid-19 di Jawa Barat memaksa Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil makin sibuk mengurus warganya. Meski begitu, ia tetap bisa menyempatkan diri untuk menyalurkan salah satu hobinya, yaitu melukis.

Ia membuatkan lukisan yang indah untuk sang ibunda. Lukisan tersebut ternyata memiliki makna yang sangat mendalam. Melalui akun Instagram pribadi, Ridwan Kamil mengunggah sebuah foto lukisan yang di sampingnya berdiri seorang perempuan.

Perempuan berhijab itu adalah ibunda dari Ridwan Kamil. Ia menceritakan dirinya yang tiba-tiba dihampiri sang ibunda yang kemudian menggenggam tangannya dan berdoa.

"Semalam ibunda tetiba menghampiri saya. Ia menggenggam tangan saya dan lirih mendoakan saya dan melirihkan doa untuk seluruh rakyat Jawa Barat dan Indonesia untuk dikuatkan dan dimudahkan urusannya oleh Allah Swt dalam menghadapi cobaan kita ini. Aamiin Ya Allah atas semua doanya," tulis Ridwan Kamil dalam unggahannya pada Kamis (19/3/2020).

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini pun menceritakan tentang permintaan sang ibunda yang tak biasa. Sang ibunda ingin dilukiskan perjalanan hidupnya. Ia pun lantas membuatkan lukisan spesial untuk ibunya.

Kang Emil pun menyampaikan makna dari lukisan tersebut. Dalam lukisan terlihat seorang perempuan berjilbab merah. Ia kembali menjelaskan tentang lima orang berwarna putih di sebelah kanan dan dua sosok putih di sebelah kiri.

"5 orang berwarna putih itu adalah anak-anaknya termasuk saya salah satunya. 2 sosok putih di kiri adalah anak-anaknya yang sudah meninggal dunia," tutur Ridwan Kamil. Dalam lukisan tersebut, terlihat sebuah perahu berada di tepi pantai. Gambar perahu itu juga memiliki makna.

2 dari 3 halaman

Mendoakan Ibu Ridwan Kamil

Lukisan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Perbesar
Lukisan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (dok.Instagram @ridwankamil/https://www.instagram.com/p/B95eSdrpku4/Henry)

"Perahu di pantai itu adalah perahu yang disiapkannya untuk kelak menyusul perahu putih di ufuk cakrawala, yaitu almarhum ayahanda yang mendahului menuju semesta yang thawaf kepadaNYA," tutupnya.

Para warganet yang melihat unggahan orang nomor satu di Jawa Barat tersebut langsung memberikan beragam komentarnya. Banyak yang mendoakan agar sang ibunda agar selalu diberikan kesehatan.

"Terharu... begitu indah lukisan yang penuh makna.. semoga bpk dan keluarga selalu dalam lindungan Allah SWT.. salam hormat buat Ibunda @ridwankamil," tulis pemilik akun @kolari_raya.

Tak hanya warganet, Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan juga ikut memuji dan mengomentari unggahan tersebut.

"Salam Hormat untuk Ibunda Pak Gub. Semoga selalu diberikan kesehatan dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamii" tulis akun @hengkykurniawan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓