Sukses

Melawan Corona Covid-19, Istri Tito Karnavian Ajak Tak Takut Sinar Matahari Pagi

Tito Karnavian dan istri sebelumnya menjalani tes corona Covid-19 setelah mereka terlihat di RSUP Persahabatan.

Liputan6.com, Jakarta - Merebaknya wabah corona COVID-19 tak menghentikan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan sang istri, Tri Suswati, untuk berolahraga pagi. Pasangan itu terekam sedang berjalan santai di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Selasa, 17 Maret 2020.

Dalam sebuah video, Tri yang mengenakan topi golf berwarna pink berjalan berdampingan dengan sang suami. Nafasnya agak tersengal-sengal saat berjalan sambil merekam kegiatan hariannya.

"Hai guys selamat pagi, Selasa, 17 Maret, kita jalan lagi di Senayan," kata Tri.

Sapaan Tri disambung dengan komentar Tito Karnavian soal matahari yang bersinar cerah saat itu. Mendagri menyebut sinar matahari pagi mengandung 10 persen ultraviolet.

"Coronavirus 19 itu tidak kuat dengan ultraviolet, studi dari Tiongkok. Itu yang saya baca," ucap Tito.

Mendengar penjelasan sang suami, Tri langsung mengajak agar tidak takut terhadap sinar matahari. Warga Indonesia justru harus memanfaatkannya karena sinar matahari nyaris bisa dinikmati sepanjang tahun.

"Manfaatkan sinar matahari. Jangan takut hitam. Jangan takut jelek. Yang penting sehat," ujar istriTito Karnavian itu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tes Corona

Sebelumnya, Tito Karnavian bersama istri Tri Suswati sudah melakukan tes Covid-19 di RSPAD Gatot Soebroto, Minggu, 15 Maret 2020. Keduanya menjalani serangkaian pemeriksaan seperti sampel darah, pemeriksaan paru-paru lewat rontgen X-Ray, dan pemeriksaan laboratorium swab (cairan) tenggorokan dan hidung.

Adapun hasilnya telah keluar sejak Senin, 16 Maret 2020. "Dari hasil tes tersebut di atas, khususnya pemeriksaan atas darah dan rontgen X-Ray atas paru-paru, menunjukkan bahwa Mendagri Tito dan ibu Tri Suswati Karnavian negatif atau sama sekali tidak terkena infeksi virus Corona," kata Staf Khusus Mendagri Kastorius Sinaga, Rabu, 18 Maret 2020.

Untuk hasil swab, sesuai protokol medis laboratorium, hasilnya memang baru bisa diketahui setelah 2 hingga 3 hari kerja sejak saat pengambilan sampel.

"Bapak Mendagri dan Ibu Tri Suswati Karnavian dalam keadaan sehat walafiat dan menjalankan kegiatan yang sudah terjadwal," pungkas Kastorius.

Sebelumnya, Tito ramai dibicarakan lantaran mobil dinasnya terparkir di Rumah Sakit Persahabatan pada Sabtu siang, 14 Maret 2020. Banyak yang menduga bahwa dirinya memeriksakan diri lantaran terkena Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.