Sukses

Sayangi Bumi Selama Lakukan Isolasi Mandiri, Apa yang Bisa Dilakukan di Rumah?

Penghematan energi jadi kunci menyayangi bumi selama melakukan isolasi mandiri. Berikut beberapa tindakan sederhana yang bisa Anda ikuti.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam upaya mencegah penyebaran corona COVID-19, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyuarakan gerakan isolasi mandiri lewat dorongan kerja dari rumah. Alhasil, banyak perusahaan, termasuk sektor swasta, yang turut serta dalam gerakan #DiRumahAja.

Kendati demikian, komunitas Zero Waste Indonesia lewat unggahan di akun Instagram mereka, Selasa, 17 Maret 2020, mengingatkan untuk tetap berkesadaran agar gerakan isolasi mandiri tak menimbulkan pengaruh buruk pada ibu Bumi.

Pada keterangan foto mereka menjelaskan, sejumlah energi yang besar diperlukan untuk menjaga data tetap mengalir di internet, serta memastikan listrik ada di rumah.

"Sebagian dari energi itu dihasilkan dari sumber energi bersih, tapi sebagian besar berasal dari pembakaran bahan bakar fosil berbasis karbon yang diyakini para ilmuwan merupakan faktor penyebab meningkatnya suhu global," jelas Zero Waste sembari mengatakan bahwa keterangan tersebut dikutip dari BBC dan film dokumenter Sexy Killers.

Karenanya, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan publik untuk mengurangi dampak tersebut selama bekerja di rumah dan melakukan isolasi mandiri.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kurangi Dampak Pemanasan Global

Tindakan pertama yang bisa dilakukan adalah mencabut listrik tak perlu. Kemudian, melakukan kegiatan lain, selain browsing seharian atau menonton film.

"Seperti membaca buku, bermain permainan tradisional, bermain board game. decluttering, meditasi, berbicara heart to heart dengan anggota keluarga, menulis atau menggambar, bertanam, dan memasak," sambung akun tersebut menyontohkan kegiatan yang bisa dilakukan di rumah.

Ide besarnya adalah tak menggunakan energi secara berlebihan. Jadi, tak memperpanjang jam kerja dengan alasan di rumah seharian sebaiknya juga dihindari. Terlebih, dalam menyelesaikan pekerjaan, Anda butuh sambungan inernet dan alat elektronik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.