Tips Membuat Disinfektan di Rumah Versi Adik Kandung Najwa Shihab

Oleh Henry pada 16 Mar 2020, 15:02 WIB
Diperbarui 16 Mar 2020, 15:02 WIB
Koleksi Sneakers Hypebeast Najwa Shihab (sumber: instagram/najwashihab)
Perbesar
Koleksi Sneakers Hypebeast Najwa Shihab (sumber: instagram/najwashihab)

Liputan6.com, Jakarta -  Wabah virus corona COVID-19 yang semakin meluas di Indonesia membuat banyak orang memutuskan bekerja di rumah. Sejumlah perusahan juga mengambil langkah tersebut. Keputusan itu juga didukung oleh Najwa Shihab.

Presenter talk show ini mengajak seluruh masyarakat untuk meminimalisir kegiatan di luar rumah, demi mencegah perluasan penyebaran virus corona. Untuk itu, Najwa mengkampanyekan #dirumahsaja melalui akun media sosialnya termasuk Instagram.

Dalam beberapa unggahannya, Najwa menuliskan agar bersama-sama mengambil langkah untuk mengurangi penyebaran virus corona baru. Jika tidak terlalu penting dan bisa dilakukan tanpa keluar rumah, lebih baik kita di rumah saja.

"Ajakan ini bukan untuk membatasi diri, tapi membantu untuk membatasi pergerakan COVID-19 agar tidak tersebar makin luas," tulis Najwa dalam unggahannya pada 14 Maret 2020.

Perempuan 42 tahun ini juga meminta para pengikutnya untuk menyebarluaskan tagar tersebut melalui media sosial masing-masing.

"Gimana? Sepakat ya! Yuk #dirumahaja dulu untuk sementara waktu sampai persoalan COVID-19 ini berlalu. Share jika kamu setuju," sambungnya.

Bukan itu aja, Najwa juga mengunggah video singkat mengenai cara penularan virus corona tanpa disadari. Dalam video tersebut masyarakat diingatkan untuk rajin mencuci tangan agar terhindar dari wabah virus corona.

Lalu dalam unggahannya pada 15 Maret 2020, Najwa membagikan tips cara membuat disinfektan dari adik kandungnya, dokter Nahla Shihab.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Respons Warganet

Najwa Shihab Bagikan Tips Membuat Disinfektan di Rumah
Perbesar
Najwa Shihab Bagikan Tips Membuat Disinfektan di Rumah. (dok.Instagram @najwashihab/https://www.instagram.com/p/B9wSX9BDAm6/Henry)

Dalam unggahannya, Najwa menuliskan kalau disinfektan perlu kita lakukan dua kali dalam sehari (pagi dan sore) di permukaan alat yang sering disentuh, seperti gagang pintu, saklar lampu, telepon, remote tv/ac, keran, jet shower, alat sentor toilet, meja makan, sofa yang paling sering dipakai.

Berikut cara membuat cairan disinfektan sendiri oleh dr. Nahla Shihab

- Bayclin 95 ml ditambah air 905 ml (untuk menjadi total 1000ml/1 L).

- Bayclin, yang sering digunakan sebagai bahan bleaching/pemutih, mengandung sodium hypochlorite (natrium hipoklorit) dengan konsentasi 5.25 persen.

- Untuk bahan disinfektan, dibutuhkan natrium hipoklorit 0.5 persen. Jadi untuk mendapat konsentrasi yang sesuai, perlu pengenceran.

"Gunakan untuk menyemprot bagian-bagian yang sering disentuh di rumah kamu minimal 2 kali sehari ya," tulis Najwa Shihab di bagian akhir unggahannya tentang cara membuat diisnfektan.

Unggahan tersebyut mendapat beragam tanggapan dari warganet. Ada yang memuji, ada juga yang mengeluhkan jika bayclin saat ini sulit dijumpai dan harganya jadi lebih mehal. Ada pula yang memberi tambahan keterangan dari unggahan Najwa tersebut.

"desinfektan buat membersihkan alat2 atau benda mati ya, jd ini ga bisa buat tangan. kalo buat manusia namanya antiseptik," tulis akun @kelpo13.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓