Bimbel Pencetak Juara Siap Bersaing di Olimpiade Sains Internasional

Oleh Liputan6.com pada 17 Mar 2020, 01:42 WIB
Diperbarui 17 Mar 2020, 01:42 WIB
Bimbel Pencetak Juara Siap Bersaing di Olimpiade Sains Internasional
Perbesar
Bimbel Pencetak Juara Siap Bersaing di Olimpiade Sains Internasional. foto: istimewa

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahunnya, puluhan ribu siswa Indonesia dari jenjang SD, SMP, dan SMA berlomba untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN). OSN merupakan ajang kompetisi sains paling prestisius, karena setiap siswa terpilih merupakan siswa/siswi terbaik yang mewakili 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Untuk bertanding di OSN, mereka harus melalui seleksi yang ketat di tingkat Kecamatan (untuk SD), Kota/Kabupaten, dan Provinsi. Jika berhasil memenangkan OSN, mereka akan mewakili Indonesia dalam Olimpiade Sains Internasional (OSI), seperti International Mathematics Olympiad dan International Physics Olympiad.

Namun, proses meraih kemenangan dalam ajang OSN bukan hal yang mudah. Selain membutuhkan bakat dan minat, siswa/i juga harus menempuh latihan, pembinaan, dan persiapan ekstra di luar kelas biasa.

Soal-soal yang dilombakan merupakan kurikulum tingkat tinggi yang belum diajarkan di sekolah. Selain itu; semua mata pelajaran mulai dari fisika, kimia, biologi, astronomi, sampai komputer; memiliki elemen praktikum.

Melihat semakin tingginya partisipasi dan prestasi putra-putri Indonesia di ajang olimpiade sains, Binovatif CoLearn hadir untuk menjadi lembaga bimbingan belajar eksklusif di Indonesia yang berfokus pada persiapan OSN dan OSI.

Selain persiapan OSI; Binovatif juga menyediakan pengajaran Matematika, Fisika, dan Kimia tingkat SMP dan SMA; dengan kurikulum Indonesia, IB, maupun Cambridge. Untuk siswa/siswi yang ingin melanjutkan kuliah di Amerika Serikat (AS), ada pula sesi persiapan intensif untuk mendapatkan nilai SAT yang memuaskan.

Sejauh ini, Binovatif CoLearn yang berkantor di Kedoya, Jakarta Barat, telah berhasil mengantarkan lebih dari 50 siswa/i untuk memenangkan ajang OSN dan berbagai olimpiade sains internasional. Pada 2019 saja, lima anak didik Binovatif berhasil meraih 1 medali emas, 1 medali perak, dan 3 medali perunggu untuk OSN Fisika SMA.

Fadli Januar, peraih medali emas, juga berhasil memenangkan medali perunggu dalam International Olympiad of Metropolises 2019. Dari pembinaan intensif IB, Cambridge, dan SAT; Binovatif berhasil meloloskan anak-anak didiknya dalam seleksi beasiswa ke National University of Singapore, University of Pennsylvania, University of California, dan Oxford University.

“Berbeda dari lembaga bimbingan belajar yang lain, kami mendedikasikan diri di bidang persiapan OSN dan tes-tes internasional, dengan pengajar yang sudah berpengalaman dan ahli di mata pelajaran tersebut,” ungkap Danio Delano M.Sc.Eng., co-owner dari Binovatif.

“Sejauh ini, lebih dari 50 anak bimbingan Binovatif telah mencetak prestasi di skala nasional dan internasional. Murid-murid kurikulum internasional kami juga berprestasi di Cambridge Exam (nilai A atau A*) dan International Baccalaureate Exam (nilai 6-7). Karena itu, kami berani menyebut diri sebagai pusat bimbingan belajar terbaik untuk OSN, SAT, IB, dan Cambridge,” sambungnya.

Bimbel Pencetak Juara Siap Bersaing di Olimpiade Sains Internasional
Perbesar
Bimbel Pencetak Juara Siap Bersaing di Olimpiade Sains Internasional. foto: istimewa

Pengajar di Binovatif CoLearn memiliki rekam jejak dan pengalaman tingkat tinggi. Misalnya, ada Hani N.S. PhD. yang merupakan co-owner dan juga lulusan terbaik Fisika ITB, bergelar PhD di bidang Fisika, serta peraih medali emas APhO (Asian Physics Olympiad). Ada pula Mariana S.Si M.Biomed lulusan S1 kimia IPB dan S2 biomedik Universitas Indonesia. Ia telah berpengalaman mempersiapkan peserta olimpiade kimia sejak tahun 2003.

Hani mengungkapkan, prestasi dalam ajang OSN tidak hanya bergengsi dan membanggakan. Lebih dari itu, penerima medali OSN bisa mendapatkan beasiswa ke PTN favorit, atau mengajukan diri untuk beasiswa LPDP dari jalur prestasi OSN.

“Level kesulitan soal-soal OSN sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dari kurikulum internasional atau SAT. Jadi, jika seorang murid sudah belajar untuk OSN, biasanya mereka akan sangat mudah mengerjakan berbagai macam tes; baik internasional (Cambridge test, IB test, SAT) maupun nasional (UN, SBMPTN, Simak UI, UM UGM, dll). Materi OSN juga mencakup materi kuliah tahun pertama dan kedua, sehingga mereka tidak mengalami kesulitan ketika kuliah,” terang Hani.

Dalam mempersiapkan para murid, Binovatif CoLearn mempunyai satu kiat yang terus dipegang hingga saat ini; yaitu menekankan pemahaman konsep dan bukan hanya menghapal rumus.

Tidak ada syarat khusus untuk mendaftar, siswa/i hanya perlu memiliki kemauan belajar yang tinggi. Anak bimbingan bisa datang langsung minimal sekali seminggu. Namun, Binovatif juga melayani les privat ke rumah, bergantung pada jaraknya.

Untuk memperluas akses belajar, Binovatif telah bermitra dengan CoLearn, sehingga sesi pengajaran dapat ditawarkan dalam bentuk live streaming.

Selain mendapatkan fleksibilitas lebih, para murid juga bisa mengakses Practice Platform (latihan soal), serta layanan College Counselling dan Study Plan yang berguna untuk mempersiapkan pendidikan tinggi dan karir. Semua fasilitas tersebut tersedia dalam satu aplikasi yang dapat diakses secara gratis untuk murid yang terdaftar di Binovatif.

“Kami berharap, semakin banyak siswa/i yang mendaftarkan diri ke CoLearn untuk mengikuti bimbel dari Binovatif. Dengan pembinaan intensif dan latihan yang komprehensif, kami ingin putra/i Indonesia semakin berprestasi di ajang olimpiade sains internasional dan bahwa Indonesia adalah negara yang cerdas. Apalagi sekarang, talenta-talenta di bidang sains sangat dibutuhkan untuk perkembangan dunia,” pungkas Hani.