Cerita Akhir Pekan: 6 Jamu dan Resepnya yang Bikin Tubuh Sehat

Oleh Komarudin pada 15 Mar 2020, 08:30 WIB
Diperbarui 15 Mar 2020, 08:30 WIB
Jamu Kunyit Asem.
Perbesar
Jamu Kunyit Asem. (dok. Liputan6.com/Tri Ayu Lutfiani)

Liputan6.com, Jakarta - Saat virus corona baru atau Covid-19 merebak ke sejumlah negara, di Indonesia jamu mendadak naik daun. Banyak orang mengomsumsi jamu agar kondisi tubuh semakin sehat.

Sejak lama orang menggunakan herbal untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi jamu yang berasal dari rempah-rempah.

Menurut Pembina Yayasan Negeri Rempah, Bram Kushardjanto, rempah itu banyak jenisnya, ada yang dimanfaatkan dari batangnya, buah, daun, bunga.

"Unsur dari rempah itu adalah rimpang atau akar-akaran, seperti jahe, kunyit, temulawak, kencur," kata Bram saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu sore (14/3/2020).

Rempah jenis rimpang, lanjut Bram, dipercaya bisa menaikkan daya tahan tubuh. Jadi, mengonsumsi jamu bukan untuk membunuh virus corona baru.

Lewat akun Instagram @negerirempah, Bram mencontohkan beras kencur, mnuman rempah dengan rasa manis ini lazimnya digunakan untuk mengatasi maag, batuk, sariawan, ataupun diare.

Kandungan kencur pada minuman ini juga dapat menambah nafsu makan. Selain itu, meminum ini secara rutin akan menghindarkan diri dari diabetes.

Sesuai dengan namanya, minuman ini terbuat dari beras dan kencur. Selain itu, ditambahkan pula kunyit, jahe, daun pandan, asam jawa, jeruk nipis, dan gula.

"Mengonsumsi jamu untuk tindakan preventif bisa menahan tubuh dari serangan virus corona," ujarnya. "Jadi, sudah seharusnya semakin banyak orang yang mengonsumsi jamu," imbuhnya.

2 dari 4 halaman

Enam Jamu dan Resepnya

Jika Diminum Teratur, Ternyata Beras Kencur Ampuh Obati Sakit Mag
Perbesar
Hebatnya, jamu ini tak punya efek samping seperti obat-obatan kimia.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut enam jamu dan resepnya. Jamu tersebut adalah beras kencur, kunyit asam, temulawak, brotowali, lempuyang dan kunci sirih.

Jamu Beras Kencur

Bahan-bahan untuk membuat beras kencur adalah 1500 ml air, 150 gram gula jawa, 125 gram kencur, 50 gram beras putih, 5 sendok makan gula pasir, 5 cm jahe, 1/2 sendok makan asam jawa.

Cara pembuatannya, bahan-bahan itu harus di cuci bersih beras kemudian rendam. Setelah itu, rebus asam jawa, gula pasir, gula merah dan jahe dengan air sampai mendidih. Setelah itu, tunggu sampai agak dingin dan saring airnya.

Cuci bersih kencur yang masih segar, kemudian kupas kulitnya dan potong-potong. Blender beras, kencur, dan air rebusan gula tadi hingga halus. Saring jamu beras kencur. Kemudian peras ampas blenderan tadi sampai benar-benar kering.

Jamu Kunyit Asam

Bahan-bahan untuk membuat jamu kunyit asam, di antaranya air, 100 gram gula jawa, 20 gram asam jawa, delapan buah kunyit.

Cara pembuatannya, cuci bersih kunyit yang masih segar, kemudian kupas kulitnya. Parut atau blender dengan sedikit air, kemudian peras airnya hingga benar-benar habis. Didihkan air, kemudian rebus air perasan kunyit, gula, dan asam jawa. Setelah jamu mendidih, angkat dan tunggu sampai dingin. 

Jamu Temulawak

Pilihlah temulawak yang segar kemudian diiris tipis-tipis kemudian jemur dibawah panas matahari hingga kering.

Setelah kering, ambillah 5-6 lembar irisan temulawak tersebut, serta siapkan air bersih untuk rebusan dua gelas dengan ukuran sekitar 200ml, dan panci stainless steel, bukan panci alumunium.

Selanjutnya, rebuslah irisan temulawak tersebut diatas api besar. Setelah mendidih kecilkan api dan biarkan hingga air rebusan tersebut tersisa kira-kira satu gelas. Setelah air tersisa kira-kira satu gelas, tuangkan air ke dalam gelas, setelah dingin bisa langsung dikonsumsi.

3 dari 4 halaman

Jamu Brotowali

Brotowali
Perbesar
Brotowali/iStockPhoto

Bahan-bahan untuk membuat brotowali adalah dua jari brotowali, kunyit, temulawak, daun kumis kucing.

Cara pembuatannya, setelah bahan dicuci, kemudian direbus dengan 800 cc air, lalu saring. Jamu Brotowali pun siap disajikan.

Jamu Lempuyang

Bahan-bahan untuk membuat jamu lempuyang, di antaranya  250 gram lempuyang tanpa kulit, 125 gram gula merah, dan satu liter air.

Cara pembuatannya, didihkan air dan masukan gula hingga mendidih. Setelah itu, jamu disaring dan siap disajikan.

Jamu Kunci Sirih

Bahan-bahan untuk membuat segelas jamu ini adalah air, beberapa lembar daun kunci sirih, dua lembar daun sirih dan sedikit kencur.

Cara pembuatannya, setelah itu air direbus atau  atau blender menjadi satu, saring dan bisa ditambahkan dengan sedikit garam dan perasan air jeruk nipis. Jamu Kunci Sirih siap diminum untuk menangkal beragam virus dan penyakit.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓