Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Duka Pengusaha Hotel dan Restoran Indonesia, Rugi Triliunan Rupiah Akibat Wabah Corona

Top 3 Berita Hari Ini tentang imbas virus corona baru atau Covid, mulai dari kerugian pengusaha hotel dan restoran, dunia penerbangan, dan Jokowi yang harus minum jamu tiga kali sehari.

Liputan6.com, Jakarta Top 3 Berita Hari Ini tentang kerugian triliunan rupiah yang dialami pengusaha hotel dan restoran Indonesia akibat wabah corona. Hal itu disampaikan Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani.

"Untuk sementara waktu untuk sektor hotel dan restoran kami menghitung sudah mengalami kerugian 1,5 miliar dolar AS. Itu dari turis Tiongkok sendiri saja sudah 1,1 miliar dolar AS. Lalu ditambah dengan ikutan-ikutan yang lain paling sedikit ada 400 miliar dolar AS," tutur Hariyadi.

Imbas virus corona baru atau Covid-19 pada dunia penerbangan di Eropa yang menurun drastis. Di negara anggota Uni Eropa misalnya, ada peraturan yang mengharuskan maskapai untuk tetap terbang apapun kondisinya. Jika tidak, maskapai akan terancam kehilangan jatah rutenya.

Kondisi yang tidak mengenakkan itu pun memaksa sejumlah maskapai Uni Eropa untuk 'membakar' bahan bakar pesawat dan tetap terbang, sekali pun hanya satu dua penumpang atau bahkan tidak ada penumpang sama sekali.

Masih tentang virus corona baru, Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus minum jamu tiga kali sehari.

"Sekarang karena ada corona, saya minumnya pagi, siang, malam. Itu yang menyebabkan mungkin naik ya itu karena diminum enggak sekali tapi tiga kali," kata Jokowi di sela-sela sambutan acara The 2nd Asian Agriculture and Food Forum (ASAAF) 2020, Kamis, 12 Maret 2020, di Istana Negara, Jakarta.

Ketiga berita di atas terangkum dalam Top 3 Berita Hari Ini dengan ulasan lengkap sebagai berikut.

Duka Pengusaha Hotel dan Restoran Indonesia, Rugi Triliunan Rupiah Akibat Wabah Corona

Satu tahun lalu pada 12 Maret 2020, Presiden Jokowi menghadiri gala dinner ulang tahun ke-50 Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). Dalam acara tersebut, Jokowi menjawab keluhan PHRI tentang tingginya harga tiket pesawat terbang meski bukan di musim liburan.

Monopoli penjualan avtur diduga jadi biang kerok kenaikan harga tiket pesawat terbang. "Berkaitan dengan harga tiket pesawat, saya terus terang kaget dan malam hari ini saya baru tahu mengenai avtur yang dijual di (bandara) Soekarno-Hatta itu dimonopoli Pertamina," katanya waktu itu.

Selanjutnya...

Maskapai Eropa Terbangkan Pesawat Hantu Akibat Wabah Corona

Wabah virus corona yang semakin mendunia sangat berimbas pada dunia penerbangan. Banyak orang yang takut dan khawatir berpergian ke luar negeri karena khawatir terpapar virus corona baru atau Covid-19.

Meski jumlah penumpang menurun drastis, beberapa maskapai penerbangan di Eropa tetap beroperasi. Mereka menerbangkan 'pesawat hantu' demi menjaga jatah rute.

Selanjutnya...

Tangkal Virus Corona Baru, Presiden Jokowi Minum Jamu Sampai 3 Kali Sehari

Sebelum wabah corona teridentifikasi di Indonesia, Presiden Joko Widodo sudah lebih dulu mengonsumsi jamu. Setelah corona positif di Indonesia, pria asal Solo itu kini lebih sering meminum olahan rempah khas Indonesia.

Dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet, Jumat (13/3/2020), Jokowi mengaku setiap hari meminum jamu empon-empon yang terdiri dari temulawak, jahe, serai, dan kunyit. Jika biasanya hanya sekali sehari, ia kini mengonsumsinya tiga kali sehari.

Selanjutnya...

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.