Teknologi Laser Super Cepat untuk Atasi Masalah Kulit Wajah

Oleh Putu Elmira pada 13 Mar 2020, 20:01 WIB
Diperbarui 13 Mar 2020, 20:01 WIB
Ilustrasi Wajah

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi di dunia kecantikan tiada henti berkembang dan berinovasi. Satu di antaranya dalam mengatasi problematika kulit wajah seperti melasma hingga pigmentation dengan menggunakan laser super cepat.

Seperti alat laser Picoway yang diperkenalkan PT Regenesis dengan teknologi pulse duration. "Jadi berapa cepat laser memapar kulit dengan berapa energinya dan spot size," kata Emmy Noviawati, Sales and Marketing Director Regenesis kepada Liputan6.com di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (13/3/2020).

Emmy melanjutkan, semakin besar energi dan spot size yang besar pula dapat memberikan hasil yang lebih baik dan aman. Dikatakannya, sangat sulit laser men-develop suatu alat dengan energi kecepatan dan spot size besar karena biasanya spot size kecil-kecil.

"Kenapa teknologi laser pico ini diminati karena lebih cepat yakni picosecond dulu nanosecond. Pasien mencaru karena treatment ini minimal downtime repetation lebih sediki, minimal pain," lanjutnya.

Dilanjutkannya, khusus untuk Picoway dilengkapi handpiece resolve, di mana sangat nyaman terutama kasus-kasus acne scar.

"Untuk treatment acne scar menggunakan laser yang ablative co2 fractional tapi handpiece dengan teknologi pico pasien tak perlu kesakitan, downtime hasilnya lebih baik," ungkapnya.

Emmy menyebut treatment laser ini dilakukan tergantung dengan kebutuhan masing-masing pasien. Meski begitu, biasanya perawatan sekitar tiga hingga lima kali. "Treatment di dokter satu kali mulai dari Rp7,5 juta tergantung masalahnya dan klinik," tambah Emmy.

2 dari 3 halaman

Pra hingga Post-Treatment

Ilustrasi kulit wajah.
Ilustrasi kulit wajah. (dok. Gromovataya/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Sebelum perawatan, kulit pasien harus dipersiapkan terlebih dahulu. "Selain untuk mempersiapkan kulit dari segi kelembapan juga memperkecil risiko komplikasi, skin health restoration," kata Emmy.

Usai serangkaian persiapan tersebut baru dilakukan treatment laser. "Maintain post care dengan sunblock, bukan hanya UV A dan B tetapi juga light," tambahnya.

Ada pula penggunaan vitamin c serum hingga whitening."Untuk whitening satu sampai dua kali dilakukan pengulangan sesuai kebutuhan. Juga jangan terlalu ter-expose matahari," kata Emmy.

Pemakaian sunblock sangat dibutuhkan untuk menjaga kulit wajah dari berbagai masalah kulit. Mengingat Indonesia memiliki iklim tropis, pengulangan pemakaian sunblock 3--4 jam wajib dilakukan sebagai proteksi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓