4 Hal yang Harus Dilakukan Pasangan agar Hubungan Bahagia

Oleh Putu Elmira pada 14 Mar 2020, 03:00 WIB
Diperbarui 14 Mar 2020, 03:00 WIB
Ilustrasi Pacaran

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan cinta yang hangat dan langgeng tentu menjadi dambaan banyak pasangan. Untuk menciptakan jalinan yang awet, Anda dan pasangan tentunya harus melakukan beberapa hal.

Dilansir dari Yourtango, Kamis, 12 Maret 2020, namun terkadang, terlepas dari seberapa kuat Anda berusaha, Anda tidak dapat membangun hubungan yang sehat dan saling mendukung.

Lantas, apa saja sederet hal yang harus dilakukan Anda dan pasangan agar hubungan cinta tetap bertahan lama? Simak rangkuman selengkapnya di bawah ini.

1. Kenali Diri Anda

Untuk menjadi yang terbaik dalam hubungan, Anda perlu mengembangkan kesadaran tentang diri sendiri. Apa yang Anda hargai? Apa yang diimpikan? Apa kekuatan Anda? Keterampilan apa yang ingin Anda asah?

Ketika bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan semacam ini, Anda menumbuhkan kesadaran tentang diri kita sendiri. Anda dapat menggunakan kesadaran itu untuk menciptakan hubungan yang sehat yang bermanfaat bagi semua orang yang terlibat.

Kadang-kadang, hubungan Anda memburuk. Ketika ini terjadi, kesadaran Anda akan memberi tahu bagaimana Anda berkontribusi pada kesulitan yang dihadapi dan apakah hubungan itu harus dipertahankan atau tidak.

2. Cintai Diri

Mempelajari cara mencintai diri sendiri adalah langkah penting untuk menciptakan hubungan yang sehat. Meski klise tapi ini benar, untuk benar-benar mencintai orang lain, Anda harus mencintai diri sendiri terlebih dahulu.

Batasan kita dalam mencintai orang lain datang dari ketidakmampuan kita untuk mencintai diri sendiri. Selama hubungan, batas-batas ini pasti terungkap.

Kita dapat mengkompensasi ketidakmampuan kita dengan memberikan lebih banyak kepada orang lain. Namun, ini dapat membuat kita kesulitan. Jika kita tidak mencintai diri sendiri, maka Anda cenderung mencari orang lain untuk memberi kita rasa dicintai.

2 dari 3 halaman

3. Bersihkan Histori Anda

Ilustrasi Wanita
Ilustrasi wanita (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Bagian dari tampil sebagai diri terbaik adalah berada di masa kini sebanyak mungkin. Hal ini berarti pengalaman sebelumnya harus dibiarkan begitu saja di masa lalu.

Untuk melakukan ini, orang biasanya menjalani proses di mana mereka mengingat masa lalu, memahami bagaimana hal itu mempengaruhi mereka dan kemudian melepaskan diri darinya.

4. Punya Kemauan Besar

Tidak ada yang membuat hubungan lebih kuat daripada integritas. Hadiah terbesar yang dapat Anda berikan kepada diri sendiri adalah mengetahui dan memiliki kontribusi Anda untuk hubungan Anda, baik dalam hal positif maupun negatif.

Ketika segala sesuatunya menjadi sulit dalam suatu hubungan, carilah cara-cara yang telah Anda sumbangkan untuk masalah tersebut.

Cukup tanyakan pada diri sendiri, "Apakah ada sesuatu yang akan saya lakukan lebih baik atau berbeda jika saya tetap dalam integritas penuh?"

Jika jawabannya "ya", maka lakukan yang terbaik untuk memperbaiki apa yang Anda tahu bisa Anda lakukan dengan lebih baik.

Ketika kita tidak jelas tentang bagaimana masalah kita sendiri mempengaruhi hubungan kita, kita cenderung melakukan kerusakan yang tidak disengaja.

Saat kita tidak sadar akan perasaan yang belum terselesaikan tentang masa lalu, Anda lebih cenderung menyalahkan, mempermalukan dan menyalahkan orang lain.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Jangan Sembarangan Habiskan, Ini Tips Kelola THR