Sukses

Inspirasi Rak Buku Unik untuk Mempercantik Rumah

Desain-desain unik rak buku yang tak hanya bisa bermanfaat jadi partisi ruangan, tetapi juga bikin dekorasi rumah kian apik.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda termasuk orang yang hobi membaca? Ternyata hobi membaca dan mengoleksi buku memberi manfaat lebih bagi Anda yang menaruh perhatian pada desain interior. Pasal, rak buku dapat menambah estetika rumah.

Koleksi seperti buku pelajaran, jurnal, ensiklopedia pengetahuan, hingga buku hiburan seperti komik, majalah, novel, dan buku-buku bergambar dapat Anda tata sedemikian rupa di rak buku.

Selain itu, rumah dengan rak buku juga sekilas terlihat Instagrammable. Mengambil foto di dalam rumah dengan latar belakang rak buku akan menghasilkan foto yang lebih memikat. Intip beberapa inspirasi rak buku seperti dirangkum Arsitag di bawah ini.

1. Rak Buku Gaya Industrial

Desain rak buku dapat disesuaikan dengan gaya industrial. Misal, rak buku yang menggunakan material kayu tanpa finishing mengkilap sehingga terlihat seperti bahan ekspos. Sediakan ruang sebanyak mungkin agar selalu ada tempat untuk menyimpan buku baru Anda.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

2. Rak Buku Samping Meja Kerja

Penempatan rak buku juga jadi kunci. Anda bisa menempatkan rak buku di samping meja kerja. Selain mempermudah untuk menjangkau buku-buku saat sedang belajar atau bekerja, penempatan ini juga akan menambah keindahan meja kerja Anda.

3 dari 8 halaman

3. Rak Buku di Loteng Rumah

Banyak di antara Anda yang kerap kebingungan memanfaatkan loteng rumah. Umumnya, loteng dimanfaatkan hanya sebagai gudang. Cobalah menyulap loteng rumah jadi ruang membaca layaknya perpustakaan dengan rak-rak buku di sepanjang dinding.

4 dari 8 halaman

4. Rak Buku Gaya Skandinavia

Untuk ruangan bergaya Skandinavia, pilihlah rak buku sesuai karakternya, yakni yang memiliki ciri khas desain sederhana dilengkapi warna cerah, seperti putih, pastel, atau krem. Dengan pemilihan perabot yang senada, ruangan Skandinavian makin terlihat Instagrammable.

5 dari 8 halaman

5. Rak Buku di Ruang Keluarga

Inspirasi berikutnya ampuh untuk mengisi kekosongan lemari televisi di ruang keluarga Anda. Lengkapi rak televisi dengan rak buku besar sebagai tempat menyimpan segala koleksi bacaan Anda dan keluarga.

Dengan begitu, selain digunakan untuk menonton televisi, Anda juga bisa membaca buku di ruang keluarga.

6 dari 8 halaman

6. Rak Buku di Ruang Makan

Selain makan, kegiatan apa yang dapat Anda lakukan di ruang makan? Tentu saja membaca buku sembari menunggu makanan jadi atau sekadar bercengkrama dengan keluarga.

Menghadirkan rak buku di dekat meja makan jadi solusi efektif memudahkan menjangkau buku bacaan. Selain itu, koleksi buku Anda mempunyai lebih banyak kesempatan untuk dibuka dan tak terlupakan.

7 dari 8 halaman

7. Rak Buku Tipe Gantung

Jika keberadaan rak buku di rumah Anda dirasa memakan tempat dan membuat ruangan terlihat sempit, Anda bisa menggunakan rak buku tipe gantung. Paling pas jika Anda menempatkannya di atas meja belajar. Keberadaan rak buku "melayang" juga mampu mempercantik tampilan ruangan.

8 dari 8 halaman

8. Rak Buku di Ruang Kerja

Terakhir, tempat paling tepat untuk menempatkan rak buku adalah di ruangan khusus layaknya perpustakaan pribadi.

Otomatis, ruangan ini sangat cocok menjadi ruang kerja yang hakiki. Terlihat sangat serius, bukan? Anda dapat fokus bekerja di dalamnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.