Sukses

Cerita Akhir Pekan: Cara Aman Liburan di Tengah Kekhawatiran Virus Corona

Cerita Akhir Pekan kali ini tentang rekomendasi yang perlu diperhatikan bagi mereka yang berniat liburan, baik di Indonesia maupun mancanegara.

Liputan6.com, Jakarta - Virus corona yang marak di sejumlah negara membuat banyak orang was-was. Rencana liburan mereka pun berantakan karena maskapai penerbangan pun menghentikan sementara penerbangan mereka ke sejumlah negara.

Tidak hanya transportasi, beberapa destinasi wisata ditutup sementara, karena mereka khawatir terinfeksi virus corona. Pihak karyawan Museum Louvre di Paris sempat menutup museum tersebut.

Namun, ada juga sejumlah lokasi wisata yang tetap dibuka, meski kekhawatiran akan virus tersebut tidak bisa dihindarkan, seperti Disneyland Paris, seperti dilansir The Sun, Sabtu, 7 Maret 2020.

Mereka bekerja sama denga pihak otoritas kesehatan di sana. Selain menjaga kebersihan, mereka juga mengikuti rekomendasinya.

Untuk mencegah rasa kekhawatiran yang berlebihan, Ketua Pengurus Perhimpunan Peminat dan Pengguna Homeopathy Indonesia (P3HI), dokter Komaruddin Boenjamin menyarankan agar mereka yang ingin bepergian untuk liburan perlu untuk minum obat.

"Alangkah baiknya untuk mengonsumsi obat agar tubuh tetap sehat," ujar Komaruddin kepada Liputan6.com di KLY Youniverse, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Komaruddin merekomendasikan empat obat yang harus diminum, seperti aconite, arsenic alb, gelsemium, chelidonium maj. Namun, pengunaan obat itu harus mengikuti petunjuk ahli homeopathy.

"Kombinasi empat obat itu bisa diminum untuk pencegahan dari wabah akut virus corona. Itu juga kami peroleh dari ahli (homeopathy) di luar negeri," ujar Komaruddin.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bepergian ke Luar Negeri

Lebih lanjut Komaruddin mengatakan, empat kombinasi obat itu ada yang mereka miliki, tapi ada juga yang masih terbatas untuk kalangan homeopathy. Obat tersebut juga bisa digunakan di tempat wabah corona yang cukup tinggi.

"Obat-obat itu bisa dikonsumi bagi mereka yang ingin melakukan perjalanan, baik ke Singapura, Timur Tengah, dan negara-negara lain. Itu sebagai salah satu upaya pencegahan," kata Komaruddin.

Cara lain untuk mencegah virus corona adalah dengan cara mengikuti paduan dari dokter. Komaruddin mencontohkan, seperti menjaga kebersihan, menghindari daerah-daerah kumuh, menggunakan master, mencuci tangan.

"Semua itu sebagai upaya agar kita terhindar (dari virus corona). Jadi, tubuh harus tetap fit," katanya.

Secara terpisah, Manager of Strategic Communications Panorama JTB Tours, Andini Tirtawisata mengungkapkan bahwa pihaknya selalu mengimbau kepada para tamu yang hendak traveling untuk selalu membawa obat-obatan yang diperlukan.

"Selain obat-obatan juga mengimbau kepada tamu untuk membawa hand sanitizer dan masker. Upaya itu selalu kami sosialisasikan kepada para tamu," kata Andini.

Pihaknya juga selalu menginformasikan setiap perkembangan di negara tujuan dan di Indonesia. Informasi tersebut diperoleh dari pihak-pihak yang ada di luar negeri sehingga informasinya akurat. "Jadi, kami ingin benar-benar tamu itu bisa liburan dengan nyaman dan tetap dalam kondisi sehat," tandas Andini.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.