Sukses

Sungailiat Triathlon 2020 Lewati Sejumlah Destinasi Wisata Menarik dan Hadiah Rp372 Juta

Selain hadiah ratusan juta, peserta Sungailiat Triathlon 2020 akan melewati sejumlah destinasi wisata menarik.

Liputan6.com, Jakarta - Sukses menyelenggarakan Sungailiat Triathlon pertama hingga ketujuh, Kabupaten Bangka kembali mengadakan Mandiri Sungailiat Triathlon 2020 yang ke-8. Acara bertaraf internasional ini akan berlangsung pada Sabtu, 11 April 2020.

Acara sport tourism ini akan melewati sejumlah destinasi wisata dengan keindahan panorama alam. Destinasi wisata itu adalah Kuil Puri Tri Agung, Pagoda Bukit Rebo, Pantai Tikus Emas, Pantai Rambak, Pantai Teluk Uber, dan Pantai Tanjung Pesona.

Bupati Bangka, Mulkan mengharapkam acara ini berlangsung sesuai agenda. Meski dua tahun tahun ini, penyelenggaraan Sungailiat Triathlon menghadapi persoalan.

"Pada 2019 penyelenggaraan Sungailiat Triathlon bertepatan dengan tahun politiik. Sementara 2020 ini, terkait dengan virus corona. Namun, kami berharap acara ini akan berlangsung sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan," ujar Mulkan saat konferensi pers di FX Sudirman, Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Mulkan menegaskan, dengan acara ini untuk meningkatkan dan mempromosikan pariwisata di Bangka agar dikenal di dunia internasional.

"Para wisatawan mancanegara datang mempunyai kesan baik dengan Bangka. Setelah itu, mereka menceritakan kembali kepada keluarga mereka tentang keindahan pariwisata Bangka sehingga mereka bisa datang kembali ke Bangka," imbuh Mulkan.

Kehadiran para wisatawan ke Bangka, lanjut Mulkan, dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Selain itu, kehadiran mereka juga kian menggerakan ekonomi kerakyatan.

"Semoga acara Sungailiat Triathlon kali ini bisa lebih meriah dan sukses dari tahun-tahun sebelumnya," harap Mulkan. 

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

500 Peserta dari 18 Negara dan Hadiah Rp372 Juta

Senada dengan Bupati Bangka Mulkan, inisiator Sungailiat Triathlon, Thomas Jusman mengungkapkan, Mandiri 8th Sungailiat Triathlon 2020 akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

"Untuk memeriahkan kompetisi ini akan ada pawai budaya dan pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Bangka untuk menghibur peserta datang wisatawan yang datang," ujar Thomas.

Sementara itu, penyelenggara Mandiri 8th Sungailiat Triathlon 2020, Budi Pamungkas mengatakan optimistis acara kali ini akan diikuti sekitar 500 peserta dari 18 negara. Pendaftaran pesrta sudah berlangsung sejak 24 Februari hingga 11 April 2020.

"Saat ini sudah ada sejumlah negara yang akan mengikuti acara ini. Mereka di antaranya datang dari Singapura, Kenya, Australia," ungkap Budi. "Total hadiah Rp372 juta," imbuhnya.

Cabang olahraga triathlon tahun ini akan mempertandingkan tiga kategori yang dibagi berdasarkan jarak tempuh, yaitu standart distance (renang 1,5 km, sepeda 40 km, dan lari 10 km), standart distance relay ( renang 1,5 km, sepeda 40 km, dan lari 10 km), dan sprint distance (renang 0,75 km, sepeda 20 km, dan lari 5 km).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.