Sukses

Sederet Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum dan Sesudah Pakai Masker

Penggunaan masker yang salah dapat menyebabkan kulit sensitif dan rentan jerawat.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak kasus virus corona muncul, orang ramai menggunakan masker. Selama periode ini memakai masker menjadi lebih umum dari sebelumnya.

Sejumlah orang masih memilih untuk mengenakan masker, meskipun tidak menunjukkan gejala corona. Namun, pemakaian masker secara terus-menerus dapat mempengaruhi kesehatan kulit, seperti dilansir dari AsiaOne, Kamis, 6 Maret 2020.

Namun, peningkatan paparan terhadap masker telah menyebabkan beberapa orang mengalami kulit sensitif dan rawan jerawat di area tepat di bawah masker mereka. Meskipun mungkin ada berbagai alasan, dokter Zhou Ke Jia dari Paragon Medical Center di Singapura mengatakan bahwa itu berasal dari masker.

Ketika kita bernapas masuk dan keluar, suhu dan kelembaban di dalam area masker meningkat. Hal itu menciptakan lingkungan yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak.

Ini menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif dan mudah tersumbat, kata Zhou. Selain itu, membiarkan masker dalam waktu lama juga meninggalkan bekas pada kulit.

Dia menyarankan bahwa sangat penting untuk tidak mengabaikan perawatan kulit selama periode pencegahan epidemi ini untuk menjaga kesehatan kulit.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebelum dan Sesudah Pakai Masker

Berikut sejumlah hal yang perlu diperhatikan bagi mereka yang mengenakan masker, baik sebelum dan sesudah.

- Oleskan sedikit pelembab berbahan dasar air, paling baik setelah mandi

- Pilih alas bedak yang lebih ringan daripada yang biasanya digunakan, lebih disukai berbahan dasar mineral, untuk mencegah pori-pori tersumbat

- Cuci wajah Anda segera setelah menghilangkan seluruh riasan, termasuk lemak, kulit mati, dan bakteri yang terbentuk sejak hari itu.

- Gunakan pelembab berbahan dasar air untuk menyehatkan kulit Anda'

- Pakai masker transparan, untuk menenangkan kulit Anda dan membantunya melakukan detoksifikasi.

- Jika memakai masker untuk waktu yang lama, disarankan untuk melakukan pembersihan mendalam.

- Selalu ingat untuk mengeringkan kulit Anda alih-alih menggosoknya dengan handuk untuk menjaga kelembaban alami kulit Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.