Sukses

Rama Dauhan Siap Bawa Nostalgia Sepatu Roda di Runway PIFW 2020

Koleksi Rama Dauhan bakal mengajak fashion enthusiast kembali mengenang masa kejayaan sepatu roda.

Liputan6.com, Jakarta - Plaza Indonesia Fashion Week 2020 menggandeng 30 brand dan perancang busana ternama Indonesia digelaran yang bakal diadakan pada 16--25 Maret 2020. Pekan mode yang bertema "I Am Fashion" ini sekaligus jadi perayaan ultah Plaza Indonesia yang ke-30.

Salah satu desainer yang bakal menampilkan koleksinya adalah Rama Dauhan. Untuk Plaza Indonesia Fashion Week (PIFW) tahun ini, ia mempersembahkan suguhan yang berbeda dari dua koleksi sebelumnya.

"Koleksi ini agak beda karena akan lebih berwarna, playful, spirit lebih fun koleksi ini terinspirasi dari pop culture sepatu roda yang booming kembali melihat gimana geliat gejolaknya lagi seru banget," kata Rama Dauhan kepada Liputan6.com di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Senin, 2 Maret 2020.

Rama melihat sepatu roda yang kembali bangkit eksistensinya hadir dengan tampilan yang seru juga lucu. Dari budaya pop itu, ia terinspirasi, meski tak melulu tentang sepatu roda itu sendiri.

"Tapi soal warna-warna dan gairahnya. Jadi nanti ada banyak warna yang bakal dipakai, bahan, judulnya "Riuh" karena penuh," kata desainer yang nantinya akan menampilkan 30 look di PIFW 2020 itu.

Bahan-bahan yang dipakai didominasi jacquard, tile, net, banyak pula yang di-print sendiri dengan motif-motif yang juga dikembangkan sendiri dari bahan parasut, tile, twill, katun, hingga shirting garis-garis yang di-print lagi.

"Ada beberapa payet yang di satu baju yang bahannya serius polos gitu, tapi ada payet-an warna orange tapi bentuk-bentuknya patch-patch tapi payet-an," lanjut Rama Dauhan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajak Nostalgia

Lewat koleksi "Riuh" yang terinspirasi dari sepatu roda ini, Rama Dauhan ingin menyampaikan pesan tersendiri. "Mengingatkan generasi gue yang hampir 40 tahun, diingatkan kembali kita punya satu kegiatan yang senang banget dan sekarang in lagi, yuk kita cobain lagi hobi ini masih compatible enggak sama kita," ungkapnya.

Rama mengakui, ia sendiri kembali bermain sepatu roda sejak empat bulan lalu. "Ternyata masih senang banget dan karena senang jadi ngulik dan orang-orang yang senang seumuran, anak muda juga banyak, mengingat ada nostalgia masa kecil tapi di renew," tambah Rama.

Jika pada koleksi sebelumnya ia bermain dengan sentuhan putih, emas, hingga monokrom, kali ini, Rama ingin hadir dengan sentuhan penuh warna. Ia pun mendapat dukungan dari Plaza Indonesia yang memberi kebebasan.

"Senang banget untuk bisa mengeksplorasi banyak hal lagi jadi volume baru, bahan yang enggak pernah dipakai, teknik baru jadinya riuh," ungkapnya.

Jelang PIFW 2020, dikatakan Rama, proses pengerjaan koleksi busana telah memasuki 70 persen. "Kemarin ada proses printing, coba di-sublim bahannya masuk apa enggak dengan bahan lain, itu agak lama, tapi ternyata seru juga bisa bikin long dress tapi pakai bahan parasut lucu," jelasnya.

"Banyak teknik baru, inspired dari Winter kalau melihat trennya agak gendut-gendut diisi busa ada beberapa detail yang kita campur pakai bordiran, print, menarik dan warna-warni seru," tutupnya.

Fashion show koleksi "Riuh" persembahan Rama Dauhan bakal hadir di runway PIFW 2020 pada Jumat, 20 Maret 2020 pukul 20.00 WIB di The Warehouse level 5 Plaza Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.