Etika Batuk dan Bersin di Tempat Umum untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

Oleh Henry pada 03 Mar 2020, 22:03 WIB
Diperbarui 03 Mar 2020, 22:03 WIB
Ilustrasi bersin

Liputan6.com, Jakarta -  Presiden Jokowi mengonfirmasi dua orang di Indonesia yang positif terjangkit virus corona. Dengan wabah virus corona yang akhirnya masuk ke Indonesia, sebagian masyarakat khawatir tertular virus tersebut.

Menurut Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, virus corona bisa ditularkan lewat air liur dan selaput lendir lewat batuk atau bersin, ketika orang yang terpapar melakukan kontak langsung dengan orang lain.

Selain itu, penularan virus Corona juga bisa terjadi kalau seseorang menyentuh permukaan benda yang terpapar, lalu dia memegang mata, hidung, mulut atau bagian tubuh lainnya yang memiliki selaput lendir.

Karena itu, sangat penting untuk mengetahui tindak pencegahannya agar tidak menyebar lebih luas. Istilah mencegah lebih baik daripada mengobati memang sangat relevan dengan wabah virus corona.

Kalau Anda sedang sakit flu, pilek atau batuk dan berada di tempat umum, sangat penting menjaga etika agar tidak jadi ‘agen penyebar’ virus corona maupun virus penyebab penyakit lainnya.

Dilansir dari NY Times, berikut cara menerapkan etika batuk dan bersin di tempat umum, terutama untuk Anda yang sedang sakit.

1. Tutup Mulut Saat Bersin/Batuk

Dengan menutup mulut saat bersin atau batuk bisa mencegah penyebaran virus ke orang lain. Meski begitu, cara menutup mulut pun harus tepat.

Anda tidak bisa menutup mulut dengan telapak tangan saja karena jika setelahnya Anda menyentuh benda di tempat umum, maka benda tersebut akan ikut terpapar virus.

"Kalau kita bersin ke telapak tangan, berpotensi membuat kuman-kuman berpindah ke orang lain, atau mengontaminasi berbagai objek lainnya yang dia sentuh," terang dr.Vincent Hill dari Centers for Disease Control and Prevention.

2 dari 3 halaman

2. Pakai Tisu atau Sapu Tangan

batuk
ilustrasi batuk (sumber: iStock)

Saat bersin atau batuk di tempat umum, tutuplah mulut dengan tisu atau sapu tangan. Kalau tidak ada, tutupi dengan siku bagian dalam atau lengan baju bagian atas.

Disarankan agar bersin dengan menutupi mulut menggunakan siku bagian dalam. Tujuannya supaya semburan air liur akan mengenai siku, bukan telapak tangan. Kesadaran seperti ini akan mengurangi risiko penyebaran virus Corona.

3. Pakai Masker

Memakai masker saat sakit flu, pilek atau batuk adalah cara paling efektif dan tidak merepotkan saat Anda harus berada di tempat umum. Pilih masker dengan tiga lapisan untuk mencegah air liur menyebar saat batuk dan bersin.

Sebaiknya, ganti masker setiap hari untuk memastikan area mulut tetap higienis dan bebas kuman.

4. Jangan Buang Tisu Sembarangan

Setelah Anda memakai tisu maupun sapu tangan atau bahan lainnya, sebaiknya jangan dibuang sembarangan setelah dipakai.

Buanglah di tempat sampah yang tertutup, sehingga bisa mencegah penularan virus melalui tisu atau bahan lainnya yang sudah Anda gunakan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Jangan Sembarangan Habiskan, Ini Tips Kelola THR