Sukses

Kafe Kopi Kekinian Hadirkan Taman Kering di Dalam Ruang, Bikin Betah Nongkrong

Warna putih yang mendominasi kafe kekinian tak terkesan monoton dengan kehadiran taman.

Liputan6.com, Jakarta - Kafe kopi kekinian kian menjamur di berbagai kota besar, termasuk di Bandung, Jawa Barat. Desain kafe yang dihadirkan pun begitu beragam, tak hanya mengedepankan estetika, tetapi diharapkan dapat memenuhi kebutuhan gaya hidup masyarakat.

Mengingat saat ini kafe tidak hanya sebagai tempat untuk menikmati ragam sajian, tetapi sebagai ruang publik seperti co-working space. Konsep ini pula yang diterapkan desainer Atelier Ara di kafe yang berlokasi di Jalan Braga, Bandung yang bernuansa serba putih. Simak desain kafe ini seperti dirangkum Arsitag sebagai berikut.

Dry Garden di Jalan Masuk

 

Dry garden yang berada di area jalan masuk menjadi magnet yang memikat para pengunjung kafe. Atelier Ara mengusung konsep dry garden minimalis dengan menempatkan pohon tunggal dengan batang cukup besar.

Sedangkan, permukaan lantai halaman dipenuhi dengan batu kerikil warna putih. Tak hanya indah dipandang, keberadaan hamparan kerikil ini juga mencegah cipratan tanah kotor saat hujan.

Memiliki sensasi nyaman saat dilalui pengunjung dan sekaligus memudahkan perawatan halaman. Nuansa serba putih kafe dari dinding-dinding pembatas membuat dry garden ini terasa lapang dan terang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Variasi Elevasi Tempat Duduk

Tak dibiarkan kosong, bangku-bangku kayu diletakkan di area bawah tangga. Ditambah, dudukan-dudukan dari beton disebar di halaman yang rindang dengan ketinggian yang berbeda-beda. Beberapa bangku dan dudukan ini menjadi tempat yang asyik untuk menikmati minuman sembari berdiskusi kelompok.

Selain itu, tampak jelas area dry garden menonjolkan material ekspos, mulai dari tembok tanpa cat, lantai acian, dudukan beton, hingga dominasi sumber pencahayaan alami.

3 dari 5 halaman

Taman Vertikal Mungil

Sebagian dinding di area dry garden tak dibiarkan kosong begitu saja. Tanaman rambat ditambahkan sehingga memberi nuansa hijau yang cantik dengan latar belakang dinding putih, membentuk sebuah taman vertikal mungil.

Kombinasi tanaman rambat hijau, hamparan kerikil, bangku-bangku kayu, hingga dudukan beton ekspos benar-benar sepaket pemandangan yang memikat.

4 dari 5 halaman

Coffee Bar Kekinian Serba Putih

Memasuki bagian dalam kafe, para pengunjung disambut dengan kesibukan para barista di coffee bar. Meracik kopi dan berbagai sajian lainnya. Seperti halnya di area jalan masuk, bagian coffee bar mengedepankan konsep polos, bersih, dan serba putih yang berasal dari material ekspos. Dinding kaca yang menjadi pembatas antara coffee bar dan dry garden membuat coffee bar dilimpahi cahaya alami.

Atelier Ara merancang coffee bar yang menjadi jantung kafe dengan konsep minimalis serba putih. Sebuah meja besar berwarna putih polos berbentuk L, sekaligus menjadi pembatas dengan pengunjung. Meja putih coffee bar berpadu cantik dengan lantai acian yang berwarna putih keabu-abuan.

Mesin espresso dan perlengkapan aksesoris meracik kopi bertebaran di area coffee bar, yang sekaligus menjadi dekorasi yang unik. Pada area ini pula, pengunjung bisa memesan sambil melihat aktivitas para barista. Menarik, bukan?

5 dari 5 halaman

Co-working Space Super Nyaman

Selain di area dry garden, tersedia juga kursi dan meja untuk pengunjung di bagian dalam kafe. Desain area indoor kafe kekinian ini lebih banyak menggunakan material kayu yang menampilkan serat dan warna kayu natural.

Atelier Ara memilih untuk menempatkan meja-meja besar yang dikelilingi banyak kursi untuk menciptakan co-working space yang memadai. Selain meja berukuran besar, sirkulasi udara yang baik dan beberapa dekorasi berupa tanaman hijau membuat suasana menjadi sangat nyaman.

Di samping mengandalkan cahaya alami, pencahayaan di dalam kafe menggunakan model lampu warna pseudo yang memberi kesan homey. Kini, proses membangun bisnis coffee shop memang tak bisa dilepaskan dari proses desain.

Desain kafe menjadi awal dari perwujudan bisnis coffee shop. Desain kafe, baik di bagian dalam maupun luar akan menjadi daya tarik selain menu-menu yang ditawarkan. Di coffee shop ini, desain kafe kekinian serba putih ala Atelier Ara berhasil menjadi magnet bagi pengunjung untuk menikmati aneka menu, apalagi tersedia tempat bekerja yang nyaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.