5 Cara Penting untuk Mencegah Infeksi Virus Corona

Oleh Asnida Riani pada 02 Mar 2020, 22:03 WIB
Diperbarui 02 Mar 2020, 22:03 WIB
Ilustrasi cuci tangan pakai sabun.
Perbesar
Ilustrasi cuci tangan pakai sabun. (dok. 422737/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Liputan6.com, Jakarta - Virus coronabaru, COVID-19, mulai menyebar ke Indonesia. Menurut keterangan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Senin, 2 Maret 2020, di Jakarta, dua orang yang tinggal di Depok diketahui positif terinfeksi virus corona.

Kedua orang tersebut terdiri dari seorang ibu berusia 64 tahun dan anaknya berumur 31 tahun. Sang ibu terinfeksi setelah kontak dengan anaknya yang ternyata tertular virus corona dari seorang Warga Negara Jepang. Kini, mereka tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta Utara. 

Virus corona bisa menyebar melalui kontak fisik dengan pasien terjangkit virus corona saat mereka batuk atau bersin. Penyebaran virus corona pun bisa melalui benda yang ada di tempat umum, seperti pegangan tangan, pegangan kereta, dan tombol lift. 

Umumnya, gejala orang yang terkena virus corona ialah mengalami demam berkepanjangan, batuk, hingga sesak nafas. Jika melihat orang dengan tanda-tanda seperti di atas, lebih baik untuk jaga jarak sekitar setengah hingga dua meter.  Untuk mencegah terhindar dari virus corona, dilansir dari berbagai sumber, Senin, 2 Maret 2020, berikut hal-hal yang perlu dilakukan. 

1. Jangan Sentuh Wajah 

Sebelum cuci tangan, jangan pernah memegang wajah baik diri sendiri maupun orang lain. Jika memang terpaksa harus melakukannya, cucilah tangan hingga bersih menggunakan sabun. 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Buang Masker Jika Sudah Kotor 

ilustrasi alat makan.
Perbesar
ilustrasi alat makan. (dok. cocoparisienne/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Masker berfungsi untuk menjaga mulut dan hidung terhindar dari penyebaran virus corona. Meskipun demikian, jangan gunakan masker jika sudah tidak bersih lagi.

Lekas buang dan jangan gunakan masker lebih dari sehari, sebab bakteri dapat berkembangbiak di bagian dalam masker tersebut jika digunakan dalam waktu lama. Tak hanya itu, disarankan untuk tidak memegang masker bagian luar sebab bisa saja terdapat virus dari orang lain. 

3. Gunakan Barang Pribadi 

Saat di rumah atau luar rumah lebih baik untuk menggunakan barang pribadi, seperti alat makan dan handuk. Hal tersebut bisa membantu mencegah Anda terinfeksi virus. 

4. Gunakan Siku

Virus corona bisa menyebar melalui benda di tempat umum seperti tombol lift dan pegangan pintu. Untuk mejaga diri, jika memungkinkan gunakan siku atau bahu Anda saat membuka pintu. 

5. Cuci Tangan

Langkah yang tak kalah pentingnya ialah selalu cuci tangan setelah dan sebelum makan dan bepergian ke tempat umum. Cuci tangan menggunakan sabun setidaknya 20 detik atau setara dengan menyanyikan lagu "Happy Birthday" sebanyak dua kali. (Tri Ayu Lutfiani)

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya