Sukses

Langkah Mencuci Tangan yang Benar untuk Cegah Infeksi Virus Corona

Cuci tangan yang benar setidaknya sampai menyelesaikan lagu Happy Birthday dua kali untuk mencegah tertular virus corona.

Liputan6.com, Jakarta - Virus corona atau COVID-19 mulai menyebar ke Indonesia. Menurut keterangan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Senin (2/3/2020), di Jakarta, dua orang yang tinggal di Depok diketahui telah positif virus corona.

Kedua orang tersebut terdiri dari Ibu berusia 64 tahun dan anaknya berumur 31 tahun. Keluarga tersebut terinfeksi setelah menerima kunjungan dari seorang Warga Negara Jepang di rumahnya. Kini, mereka tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta Utara. 

Penyebaran virus corona bisa melalui kontak langsung dari percikan air yang keluar dari mulut seseorang saat bersin dan batuk. Juga, melalui benda-benda yang terdapat di tempat umum seperti pegangan kereta, pegangan tangga, tombol lift, dan bisa pula lapisan luar masker. 

Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, sebaiknya jaga jarak dari orang yang terlihat sakit sejauh setengah meter hingga dua meter agar terhindar dari percikan air yang keluar dari mulutnya. Bisa pula dengan memberinya masker saat bersin dan batuk.

Langkah lain untuk menjaga diri dari penyebaran virus corona ialah tidak menyentuh wajah dan mengucek-ngucek mata setelah memegang benda-benda yang riskan menjadi media penyebaran virus corona. 

Tidak hanya itu, mengonsumsi makan yang sehat dan bergizi pun bisa menjadi salah satu langkah untuk menjaga tubuh dari penyebaran virus. Dan tidak boleh dilupakan, cuci tanganlah sebelum dan setelah melakukan kegiatan, seperti makan dan memegang benda di tempat umum. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langkah Cuci Tangan

Cuci tangan menjadi hal yang penting untuk menjaga tubuh dari penyebaran virus corona. Namun, cuci tangan tidak hanya sekadar basah saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

Pertama, jangan hanya mencuci tangan hingga pergelangan saja, basuhlah sampai ke siku Anda. Setelah itu, bersihkan punggung tangan dan sela-sela jari Anda. 

Perhatikan pula untuk membersihkan bawah kuku bagi Anda yang memanjangkannya. Lakukan langkah di atas paling sedikit selama 20 detik atau setara dengan dua kali menyanyikan lagu Happy Birthday sebanyak dua kali. 

Jika dirasa sudah bersih, basuh tangan mengunakan handuk kering atau tisu. Terapkan hal tersebut sebelum dan setelah Anda makan dan bepergian ke tempat umum. (Tri Ayu Lutfiani)

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini