Di Tengah Isu Corona, Lion Air Segera Buka Rute Penerbangan Jakarta-Banyuwangi

Oleh Dinny Mutiah pada 02 Mar 2020, 12:02 WIB
Diperbarui 02 Mar 2020, 12:02 WIB
Pesawat Lion Air
Perbesar
Ilustrasi Pesawat Lion Air (ROSLAN RAHMAN / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah lesunya dunia penerbangan lantaran penyebaran wabah corona (COVID-19), Lion Air membuat terobosan dengan membuka rute penerbangan Jakarta-Banyuwangi. Penerbangan perdana dijadwalkan pada 6 Maret 2020.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, alasan Lion Air membuka rute baru itu lantaran Banyuwangi memiliki sejumlah destinasi wisata unik, terutama api biru Ijen dan Taman Nasional Baluran. Sasaran utama Lion Air adalah para milenial dan pebisnis.

"Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group akan memperkenalkan destinasi baru di jaringan Lion Air dengan membuka penerbangan langsung (non-stop) yang menghubungkan Jakarta ke Banyuwangi efektif 6 Maret 2020," kata Corporate Communication Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro di Jakarta, Minggu, 1 Maret 2020.

Rute penerbangan tersebut akan melalui Terminal 1A Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, menuju Bandar Udara Internasional Banyuwangi di Blimbingsari. Banyuwangi menjadi kota ketiga di Jawa Timur yang dirambah Lion Air setelah Surabaya dan Malang.

"Rencana pembukaan rute baru Lion Air Soekarno-Hatta – Banyuwangi – Soekarno-Hatta untuk tahap awal akan dilayani satu kali per hari atau tujuh kali dalam seminggu," sambung Danang.

Lion Air akan memulai penerbangan perdana bernomor penerbangan JT-594 dari Soekarno-Hatta pukul 06.30 WIB dan tiba di Banyuwangi pada 08.20 WIB. Sementara, penerbangan dari Banyuwangi dijadwalkan pada 09.00 WIB dan diperkirakan mendarat di Soekarno-Hatta pada 10.40 WIB.

"Lion Air akan mendaratkan pesawat pertama Boeing 737-800 Next Generation (NG) berkapasitas 189 kelas ekonomi. Armada generasi terbaru Lion Air sudah dilengkapi interior kabin terbaru," Danang menerangkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Voucher Bagasi

Bandara Internasional Banyuwangi
Perbesar
Bandara Banyuwangi secara resmi telah melayani rute internasional dari Kuala Lumpur menuju kabupaten ujung timur Pulau Jawa tersebut. (Liputan6.com/ Dian Kurniawan)

Lion Air menyatakan layanan penerbangan itu sejalan dengan tren minat bepergian di kalangan muda. Lion Air memprediksi bahwa rute baru Jakarta-Banyuwangi akan tumbuh positif. Optimisme Lion Air berdasarkan pada potensi pariwisata dan potensi bisnis Banyuwangi.

Rute baru Lion Air ini dinilai bisa menciptakan konektivitas baru dan upaya mewujudkan kesempatan untuk menjelajahi kota-kota lainnya. Maskapai berlogo singa itu berharap inagurasi mendatang dapat berjalan lancar dan tepat waktu.

Sementara itu, bagi calon penumpang diingatkan untuk untuk mempersiapkan rencana lebih awal berkonsep tren bepergian simpel. Jika akan membawa bagasi saat penerbangan, penumpang dapat membeli bagasi menggunakan voucher bagasi (pre-paid baggage) melalui agen perjalanan (agent travel), www.lionair.co.id dan kantor penjualan tiket Lion Air Group.

"Pembelian bagasi harga lebih hemat bisa dilakukan ketika saat dan setelah pembayaran tiket, ketentuan batas waktu maksimum enam jam sebelum keberangkatan," kata Danang.

Setiap travelers (kecuali bayi), diperbolehkan membawa satu bagasi kabin dengan maksimum berat 7 kg dan satu barang pribadi seperti tas laptop/ perlengkapan bayi/ bahan membaca/ kamera/ tas jinjing wanita (hand luggage) ke dalam kabin, yang mengikuti aturan berlaku sesuai maksimum ukuran dimensi bagasi kabin.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya