Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Corona di Mal di BSD dan Jakarta

Oleh Liputan6.com pada 05 Mar 2020, 02:37 WIB
Diperbarui 05 Mar 2020, 02:37 WIB
Upaya Pencegahan Penyebaran  Virus Corona di Mal di BSD dan Jakarta

Liputan6.com, Jakarta -  Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), Senin (2/3), mengumumkan adanya dua orang warga negara Indonesia (WNI) yang positif terjangkit virus Corona.

Di sisi lain, kendati sudah ada terjangkit virus Corona, menurut Presiden Jokowi, pemerintah sudah sangat siap menghadapinya. Baik dari ketersediaan rumah sakit, peralatan, serta standard operational procedure (SOP) yang setara dengan standar internasional.

Imbauan antisipasi terhadap wabah virus corona mengalir dari sejumlah kementerian. Melalui pernyataan dari Kementerian Kesehatan disebutkan bahwa virus Corona dapat dicegah dengan kondisi badan sehat dan imunitas yang baik.

Selain itu, berperilaku hidup bersih dan sehat menjadi hal utama untuk mencegah terjadinya penularan 2019-nCoV. Sementara Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Kepolisian Republik Indonesia telah berkoordinasi guna menindak para penyebar kabar hoaks terkait virus Corona.

AEON MALL BSD CITY (BSD) dan AEON MALL JAKARTA GARDEN CITY (JGC) juga telah berupaya membantu pemerintah dengan menginformasikan SOP bagi masyarakat yang merasakan kondisi gejala COVID-19 ataupun melihat seseorang yang memiliki gejala.

Berbagai langkah preventif di AEON MALL BSD maupun AEON MALL JGC telah dilakukan guna mencegah timbulnya kepanikan yang bisa kontraproduktif dan berdampak buruk.

General Manager Facility Headquarter AEON MALL Indonesia, Windy Bharata, menyampaikan bahwa terkait upaya pencegahan penyebaran virus ini, AEON MALL menyediakan berbagai fasilitas pendukung seperti penyediaan hand sanitizer yang dapat dimanfaatkan oleh customer.

Upaya Pencegahan Penyebaran  Virus Corona di Mal di BSD dan Jakarta
Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Corona di Mal di BSD dan Jakarta. foto: istimewa

Sejak awal adanya pemberitaan mengenai virus corona, AEON MALL sudah menyediakan fasilitas untuk mendukung gerakan hidup bersih yaitu adanya hand sanitizer yang diletakkan di setiap pintu masuk dan dapat digunakan oleh customer secara gratis.

“Dengan adanya informasi resmi Pemerintah mengenai adanya warga Indonesia yang positif terkena virus ini, kami meningkatkan fasilitas dengan penambahan hand sanitizer di setiap lobby lift, agar customer bisa memakai hand sanitizer sebelum menggunakan lift. Tidak hanya itu saja, berbagai upaya lain kami juga lakukan antara lain, mengedukasi customer mengenai cara pencegahan penyebaran virus corona melalui media promo yang ada di area mal serta media sosial AEON MALL ” terang Windy Bharata.

“Tim kebersihan kami telah ditugaskan untuk melakukan pembersihan ekstra dengan menyeka area yang sering disentuh pelanggan menggunakan disinfektan alcohol, seperti pagar, sabuk eskalator, meja makan di food court, dan pegangan pintu,” Windy, menambahkan.

“Kami berharap agar masyarakat secara aktif menjaga kebersihan ketika berada di tempat umum seperti di mal, sebagai salah satu langkah pencegahan penularan virus corona ini antara lain dengan memanfaatkan fasilitas pendukung yang telah kami sediakan, sehingga customer tidak perlu merasa panik namun tetap waspada,” pungkas Windy.