6 Makanan yang Bisa Membantu Atasi Jerawat

Oleh Henry pada 01 Mar 2020, 22:02 WIB
Diperbarui 01 Mar 2020, 22:02 WIB
Jerawat

Liputan6.com, Jakarta -  Saat remaja, jerawat adalah masalah nomor satu yang kita hadapi. Bagi sebagian dari kita, jerawat adalah masalah yang konsisten bahkan setelah remaja. Tentu ada berbagai cara dan tips untuk perawatan kulit agar terbebas dari jerawat.

Banyak kebiasaan buruk yang sering kita lakukan, menyebabkan timbulnya jerawat. Misalnya dalam hal makanan. Mereka yang suka mengonsumsi makanan berminyak bisa membuat kulit yang cenderung berjerawat menjadi lebih buruk.

Oleh karena itu, jalankan diet sehat. Hindari makanan yang digoreng dengan minyak berlebih untuk menjaga kesehatan kulit. Anda mungkin perlu sedikit mengubah gaya hidup Anda dan membuat beberapa pilihan sehat, termasuk menyangkut makanan. 

Dilansir dari laman Boldsky, setidaknya ada enam makanan yang bisa membantu menghilangkan jerawat.

Ikan

Asam lemak omega 3 dalam ikan dapat meminimalkan peradangan. Seng yang ada dalam ikan bisa membantu dalam dua cara. Ini dapat mengoptimalkan pelepasan hormon dan juga membantu penyerapan Vitamin A..

Avokad

Buah avokad mengandung Vitamin E yang membantu kulit Anda dengan cara tertentu. Selain itu, kandungan Vitamin C juga dapat membantu mengurangi peradangan. Buah ini juga termasuk pelembap alami.

Air Putih

Ini adalah salah satu tips paling sederhana untuk kulit bebas jerawat. Hidrasi adalah kunci saat melawan jerawat. Minumlah air putih sepanjang hari untuk membantu kulit Anda membuang racun dalam tubuh. Teh hijau juga dinilai cukup ampuh untuk mengatasi jerawat, tapi air putih tetap jadi pilihan terbaik.

2 dari 3 halaman

Wortel

Manfaat Jus Wortel
Manfaat Jus Wortel (sumber: iStockphoto)

Beta karoten yang ada dalam wortel membantu kulit Anda mengatasi jerawat. Bahkan minum jus wortel setiap hari juga akan membantu membuat kulit lebih sehat selain untuk meningkatkan kesehatan mata.

Kacang Polong

Siapa bilang kacang bisa menimbulkan jerawat? Kacang justru bisa mengatasi jerawat, yaitu kacang polong. Umumnya, kacang polong memiliki indeks glikemik yang rendah.

Hal itu bisa membantu mengurangi peradangan pada wajah Anda. Dengan makan makanan rendah glikemik, jerawat di kulit juga bisa berkurang.

Selenium

Bawang putih adalah anti-inflamasi dan juga dapat membunuh mikroorganisme. Konsumsilah telur, bawang putih, dan tuna. Itu adalah beberapa makanan penangkal jerawat. Kandungan selenium hadir dalam bahan makanan ini membantu kulit Anda melawan jerawat dengan baik.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓