Sukses

Setelah Maret, Biaya Keamanan Meghan Markle dan Pangeran Harry Tak Ditanggung Kanada

Ada beragam perubahan drastis yang akan terjadi saat Meghan Markle dan Pangeran Harry resmi mundur dari Kerajaan Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - Keputusan Pangeran Harry dan Meghan Markle mundur sebagai anggota senior kerajaan Inggris berbuntut pada munculnya sederet kebijakan.

Dilansir Hello Magazine, Jumat (28/2/2020), biaya keamanan Duke dan Duchess of Sussex tak lagi ditanggung pemerintah Kanada setelah keduanya resmi mundur dari tugas kerajaan pada 31 Maret 2020.

Kanada telah memberi keamanan Royal Canadian Mounted Police (RCMP) pada pasangan itu sejak November 2019. Public Safety Canada telah mengkonfirmasi bahwa pemerintah Kanada bermaksud berhenti berkontribusi pada biaya-biaya keamanan dalam beberapa minggu mendatang.

"Keputusan Duke dan Duchess of Sussex pindah ke Kanada secara paruh waktu memberi kita serangkaian keadaan yang unik dan belum pernah terjadi sebelumnya." kata Public Safety Minister Bill Blair pada CBC News, Kamis, 27 Februari 2020.

Ia menambahkan, atas permintaan Kepolisian Metropolitan, RCMP telah memberikan bantuan sejak kedatangan Harry dan Meghan Markle ke Kanada secara berselang sejak November 2019. "Bantuan tersebut akan berhenti dalam beberapa minggu mendatang, sesuai dengan perubahan status mereka." jelas Bill.

RCMP sendiri telah terlibat dengan para pejabat di Inggris sejak awal mengenai pertimbangan keamanan. Karena Duke dan Duchess saat ini diakui sebagai "Orang-orang yang Dilindungi Secara Internasional", Kanada memiliki kewajiban memberi bantuan keamanan berdasarkan kebutuhan.

Sejak beberapa minggu terakhir, Pangeran Harry dan Meghan Markle telah menghabiskan sebagian besar waktu mereka di kediaman sewaan seharga 10 juta pound sterling atau setara Rp180 miliar di North Saanich, Vancouver Island.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalankan Tugas Terakhir

Selama beberapa minggu ke depan, Pangeran Harry dan Meghan Markle akan menjalani serangkaian tugas kerajaan terakhir mereka sebelum secara resmi mundur pada 31 Maret.

Harry tercatat bakal menghadiri Invictus Games Choir Visit pada 28 Februari bersama Jon Bon Jovi.

Lalu, Harry dan Meghan akan hadir di Endeavour Fund Awards pada 5 Maret, untuk menghargai personel terluka, cedera, sakit, serta veteran yang telah berolahraga sebagai bagian dari pemulihan mereka.

Pada 6 Maret, Harry akan menghadiri pembukaan resmi Silverstone Experience bersama pembalap Lewis Hamilton. Ia juga bakal bergabung dengan istrinya di Mountbatten Music Festival di Royal Albert Hall pada hari berikutnya.

Acara ini menampilkan bakat musisi militer dari Royal Marines, yang akan menghibur penonton dengan berbagai gaya musik. Seorang juru bicara untuk Sussex juga mengkonfirmasi bahwa Meghan akan menghadiri International Women's Day pada 8 Maret.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.