Paduan Nuansa Warna Bumi dan Monokrom, Trik Bikin Ruangan Lebih Elegan Tak Membosankan

Oleh Asnida Riani pada 25 Feb 2020, 08:03 WIB
Diperbarui 25 Feb 2020, 08:03 WIB
Arsitag

Liputan6.com, Jakarta - Sesuai namanya, warna-warna Bumi bersifat sederhana dan mudah ditemukan di alam. Anggota warna Bumi ini di antaranya cokelat, cokelat camel, cokelat kemerahan, cokelat umber, hingga abu-abu muda.

Padanannya akan membantuk harmoni yang tak hanya hangat, tapi juga timbulkan kesan elegan. Terlebih bila ditambah sentuhan nuansa monokrom. Lengkap desainnya dirangkumkan Arsitag berikut. 

Ruang keluarga bernuansa kalem

Terminologi monokrom diartikan sebagai warna yang ditempatkan pada latar belakang netral. Pada ruang keluarga, warna monokrom diaplikasikan dengan menempatkan furnitur-furnitur bernuansa warna Bumi menggunakan latar belakang netral, yakni putih.

Selain di dinding ruangan, warna putih juga dipilih untuk tirai penutup jendela berukuran besar. Tirai tipis sekaligus jadi jalan masuk cahaya alami tanpa menyilaukan ruangan. Dengan latar belakang netral, alhasil warna-warna earthy tones pada furnitur di ruang keluarga terasa lebih menonjol. 

Arsitag
Paduan nuansa warna Bumi dan monokrom bikin ruangan terlihat elegan. (dok. Arsitag)

Bermain Tekstur dan Hiasan Dinding

Permainan tekstur dan penggunaan hiasan dinding terasa lebih kaya ditemukan di ruang makan. Sebagai dekorasi sekaligus pembatas antara ruang makan dan dapur, panel-panel yang menampilkan tekstur kayu natural telah berhasil menciptakan kesan mewah.

Selain itu, sentuhan monokrom terasa kental dengan penempatan dekorasi berupa cermin-cermin menjulang setinggi jendela berbingkai hitam, kontras dengan dinding putih di belakangnya. Dekorasi cermin-cermin panjang ini sekaligus membantu menciptakan ilusi visual ruangan yang seolah meluas. 

2 dari 3 halaman

Interior Monokrom di Kamar Tidur

Arsitag
Paduan nuansa warna Bumi dan monokrom bikin ruangan terlihat elegan. (dok. Arsitag)

Nuansa monokrom menonjol dengan dominasi warna putih sebagai latar belakang ruangan dan rangka-rangka hitam yang kontras. Selain itu, dekorasi warna hitam dan putih di tempat tidur juga memperkuat nuansa monokrom.

Ukuran jendela terbilang besar membuat kamar tidur memperoleh cahaya alami melimpah yang memberi kesan hangat. 

Tak murni mengaplikasikan nuansa monokrom, aksen kayu warna natural bertekstur zig-zag ditambahkan pada bagian atas headboard. Berkat aksen kayu ini, kamar tidur terasa lebih santai, lepas dari kesan dingin dari hanya warna monokrom.

Arsitag
Paduan nuansa warna Bumi dan monokrom bikin ruangan terlihat elegan. (dok. Arsitag)

Permainan warna hitam-putih juga diterapkan di sisi-sisi lain kamar tidur. Seperti pada area meja rias dan closet. Tak pelak, kesan simpel, bersih, dan elegan pun menyeruak kuat dari sisi kamar tidur ini. 

Kombinasi ini sangat cocok bagi Anda yang suka padu-padan warna netral. Kelebihan lain, perpaduan warna Bumi, serta konsep monokrom bersifat fleksibel untuk diterapkan pada hunian dengan ukuran luas maupun sempit. Gayanya pun bisa disesuaikan dengan gaya modern maupun klasik. 

Meski sifat warna Bumi kalem, bukan berarti tak bisa tampil elegan. Konsistensi warna pada setiap ruangan justru menciptakan desain interior yang serasi pada keseluruhan tempat tinggal.

Penambahan tekstur di beberapa sudut, seperti partisi ruang makan menggunakan papan kayu natural dan dinding parket motif chevron di kamar tidur, telah membangkitkan kesan lebih hidup. Juga, bertujuan meminimalisasi kesan membosankan yang kerap muncul dari tema monokrom.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut:

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Seniman Tekstil Ubah Sampah jadi Aksesoris Selama 5 Dekade