Sukses

Wisata Legenda dan Misteri di Pulau Kusu Singapura

Pengunjung tak boleh menginap di Pulau Kusu di Singapura.

Liputan6.com, Jakarta - Pulau Kusu terletak di sebelah selatan Singapura. Hanya memakan waktu sekitar 45 menit dari pusat kota Singapura untuk sampai ke pulau penuh cerita legenda dan misteri ini.

Dilansir dari Asiaone, Senin, 24 Februari 2020, banyak versi cerita yang tersebar tentang pulau ini. Namun, kisah yang paling terkenal adalah kura-kura raksasa yang mengubah dirinya menjadi sebuah pulau.

Terletak hanya 5,6 kilometer dari pulau utama Singapura, Pulau Kusu juga populer di kalangan wisatawan. Bahkan, pulau ini terkenal dengan kekuatan supernaturalnya.

Untuk menuju ke Pulau Kusu, Anda bisa berangkat dari Marina South Pier dan membeli tiket feri di sekitar pintu masuk utama dermaga. Anda juga perlu memperhatikan peraturan wisatawan di pulau ini.

Salah satunya adalah tidak diperbolehkan berkemah atau bermalam di pulau ini. Jadi, Anda wajib kembali ke pulau utama Singapura dengan menggunakan feri lagi.

Setelah tiba di Kusu, Anda dapat menjelajahi pulau seluas 85.000 meter persegi ini. Di sana terdapat adalah tiga kuil Melayu dan kuil China. Lokasinya tak terlalu jauh dari bibir pantai.

Kuil ini didedikasikan untuk Dewa Kemakmuran Tiongkok dan Dewi Pengasih. Sementara, kuil suci di atas bukit kecil memperingati seorang pria saleh dan keluarganya. Kuil ini buka sepanjang tahun, tapi suasana paling ramai biasanya pada September dan November.

Pada bulan itu banyak wisatawan yang datang ke pulau ini untuk memberikan penghormatan dalam rangkaian wisata religi. Di September sampai November ini juga Pulau Kusu, Singapura bisa menyambut lebih dari 100.000 peziarah.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Objek Wisata

Sama seperti destinasi wisata lainnya. Anda bisa melakukan banyak aktivitas liburan. Seperti berkunjung ke kuil dan membuat daftar harapan pada potongan-potongan kain kuning dan diikat ke ranting pohon.

Di Pulau Kusu, kuil dipercaya mampu memberikan kekayaan, hubungan asmara yang baik, kesehatan, dan keharmonisan. Ini yang menjadikannya salah satu objek wisata yang populer untuk wisatawan.

Di sana Anda juga dapat menyaksikan ratusan kura-kura di tempat konservasi, sejalan dengan sejarah pulau ini yang mengaitkan dengan binatang reptil tersebut. Jika sudah puas berkeliling pulau, Anda juga dapat berpiknik di ruang terbuka Pulau Kusu. Di pesisir pantai, Anda bisa menikmati eksotisme alam pemandangan laut dari Pulau Kusu di Singapura.  (Adhita Diansyavira)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.