Sukses

Meracik Kapsul Ajaib dan Berbagi Resep Inspiratif di Hari Kanker Anak Sedunia

Program Meracik Kapsul Ajaib yang dilakukan dalam aplikasi dan laman Cookpad berhasil mengumpulkan lebih dari 3.000 resep masakan.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam memperingati Hari Kanker Anak Sedunia yang diperingati pada 15 Februari setiap tahunnya, Cookpad Indonesia menjalankan program bertajuk “Meracik Kapsul Ajaib”.

Ini merupakan sebuah program berbagi resep inspiratif di mana setiap resep yang dikirimkan memiliki pesan positif dan mengandung kebutuhan nutrisi harian dan sebisa mungkin mengurangi penggunaan pewarna, pengawet, perasa dan pemanis buatan.

Program berbagi resep ini telah dilakukan pada10 sampai dengan 24 Februari 2020. Soegianto selaku CEO Cookpad Indonesia menjelaskan bahwa program Meracik Kapsul Ajaib yang dilakukan dalam aplikasi dan laman Cookpad berhasil mengumpulkan lebih dari 3.000 resep yang dibagikan oleh para kreator resep dari seluruh Indonesia.

“Mewakili Cookpad, kami mengucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi seluruh kreator resep yang sudah berkenan membagikan resep dan pengalamannya melalui masakan untuk mendukung program ini,” terang Soegianto.

Dalam program ini, para kreator dapat memilih tema resep. Tema tersebut yaitu Sayur Ngumpet, Cemilan, dan Lauk Pauk Sehat. Resep-resep dari tiga tema tersebut kemudian diseleksi dan dipilih 18 resep yang kemudian didokumentasikan dalam sebuah buku Petualangan Meracik Kapsul Ajaib yang akan didonasikan kepada Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Jakarta.

Sebagai puncak acara dari program Meracik Kapsul Ajaib, Cookpad menyusun sebuah buku cerita bergambar yang dilengkapi dengan 18 resep inspiratif. Pesan-pesan semangat yang terdapat dalam resep dirumuskan ke dalam sebuah cerita petualangan yang diracik sedemikian rupa supaya anak-anak lebih menikmati dalam membacanya.

“Buku ini diharapkan bisa semakin mempererat interaksi ibu dan anak. Selain mendongengkan cerita ini, para orang tua bisa memperoleh referensi menu makanan sehat yang bervariasi dari resep-resep yang ada di buku tersebut,” ucap Soegianto.

Menurutnya, resep-resep yang dibagikan para kreator jenisnya sangat variatif dan inovatif. Apresiasi yang setinggi-tingginya pantas ditujukan untuk semua kreator resep Cookpad di Indonesia karena bisa menciptakan kreasi makanan yang idenya tidak terbatas.

“Saya yakin mereka adalah para pejuang dapur yang memprioritaskan kesehatan dan kebahagiaan keluarganya melalui makanan dan semoga buku yang kami berikan ini bisa memotivasi anak-anak dan menginspirasi para orang tua. Selain itu, Cookpad sebagai wadah berbagi resep dan pengalaman memasak terbesar di Indonesia, bangga bisa menjadi bagian dari kegiatan memasak sehari-hari para penggunanya di seluruh Indonesia dan sumber inspirasi bagi yang membutuhkan ide resep,” tutur Soegianto.

Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) yang berdiri sejak 2006 memiliki visi setiap anak Indonesia yang menderita kanker berhak mendapat pengobatan serta perawatan yang sebaik-baiknya, juga hak belajar maupun hak bermain walaupun dalam keadaan sakit.

Tentunya hal ini memerlukan dukungan penuh dari semua pihak khususnya keluarga.Tri Adhyaksa selaku perwakilan dari YKAKI mengungkapkan bahwa setiap anak yang tinggal untuk pengobatan wajib didampingi oleh orang tuanya.

Mereka rata-rata ditemani ibunya karena usia mereka yang masih sangat muda. Anak-anak yang singgah mempunyai kesempatan untuk belajar dan tetap bisa bermain, begitu pula dengan para orang tua pendamping.

“Di sini, mereka memiliki kegiatan harian salah satunya adalah kelompok memasak Secara bergilir setiap hari mereka mengolah bahan makanan bersama-sama dan kita semua menikmati masakan mereka”, ungkap Tri.

Ia menambahkan, program ini merupakan sinergi yang baik karena terkadang orang tua terutama para Ibu yang mendampingi anak-anak mereka selama masa pengobatan di sini bingung, mau masak apa lagi untuk anak-anak mereka.

“Dengan adanya program ini diharapkan para orang tua bisa belajar hal yang baru dan dari aktivitas memasak ini kami semoga bisa mengembangkan kreativitas, meningkatkan kerjasama dengan para orang tua pendamping lainnya dan menambah variasi masakan sehari-hari”, tandas Tri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini