Sukses

Hewan Peliharaan di Jepang Sekarang Bisa Punya KTP Digital

Selain KTP digital, ada pula mikrochip yang bisa ditanam guna melacak keberadaan hewan peliharaan.

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit orang punya ikatan kuat dengan hewan peliharaan mereka. Beberapa bahkan memperlakukan hewan-hewan tersebut layaknya keluarga sendiri.

Tak heran bila fenomena macam busana rancangan desainer, resor pemandian air panas, bahkan kelas yoga untuk hewan peliharaan bermunculan. Fasilitas ini kian ter-upgrade. Pasalnya, di Jepang, hewan peliharaan bisa memiliki kartu identitas digital layaknya KTP.

Melansir laman Sora News 24, 21 Februari 2020, Kanagawa Prefectural berkolaborasi dengan perusahaan tekno startup, Peco, membangun kartu yang dimaksud.

KTP digital ini telah tersedia gratis secara online dengan informasi lengkap, mulai dari nama, jenis kelamin, foto, tanggal lahir, dan data keluarga, baik pemilik langsung maupun keluarga pemilik hewan peliharaan.

Vice Asia menulis, bila ingin, kemampuan spesial si hewan peliharaan pun bisa dituliskan di sana. Juga, Anda bisa menuliskan moto pribadi para hewan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keamanan Lebih

KTP digital ini memungkinkan pemilik menggunakannya sebagai bukti kepemilikan, terlebih saat hewan peliharaan hilang.

Demi keamanan lebih, Peco juga menjual mikrocip yang bisa direkatkan di hewan peliharaan supaya pemilik bisa melacak keberadaan mereka.

Mengingat luas rumah di Jepang yang tak seberapa dan sekian banyak perempuan enggan melahirkan, tak sedikit dari warga Negeri Matahari Terbit lebih suka mengurus hewan peliharaan ketimbang anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.