Sukses

8 Tema Menata Ruang Keluarga, Bikin Keren Tanpa Pusing

Penentuan tema di awal akan memudahkan Anda mendekorasi ruang keluarga tanpa pusing di akhir.

Liputan6.com, Jakarta - Berkumpul bersama keluarga merupakan kegiatan yang dapat memberikan kebahagiaan. Kumpul keluarga akan semakin menyenangkan apabila berlangsung di ruang keluarga yang nyaman.

Berbeda dengan ruang tamu yang biasanya berada di bagian depan, ruang keluarga dapat ditemukan di bagian tengah rumah, sehingga mudah dijangkau oleh semua anggota keluarga.

Ruang keluarga umumnya dilengkapi dengan sofa, meja, dan televisi. Tidak heran, ruang keluarga sering juga disebut sebagai ruang televisi. Namun, apakah Anda tidak merasa bosan dengan tampilan dan perabot ruang keluarga yang begitu-begitu saja?

Beragam cara dapat Anda lakukan untuk memperbarui tampilan ruang keluarga menjadi lebih keren. Mulai dari pemilihan furnitur, penempatan perabot, penataan dekorasi, hingga pemilihan warna lantai dan dinding ruang keluarga selayaknya dipertimbangkan dengan cermat.

Kuncinya, fokus pada satu tema. Langkah berikutnya menyesuaikan dengan tema tersebut. Jika Anda masih belum yakin memutuskan tema ruang keluarga yang pas, berikut ini beberapa tema desain interior ruang keluarga unik yang auto-keren yang dirangkum Arsitag.

1. Tema Kontemporer

Desain kontemporer akan terus berubah mengikuti perkembangan zaman. Biasanya, ruang keluarga dengan desain interior kontemporer cenderung menyimpang dari aturan-aturan umum sebuah desain. Hal ini dapat terlihat jelas dari perpaduan bentuk yang unik dan ragam material yang kontras.

2. Ruang Keluarga Minimalis

Desain minimalis memang terlihat sangat sederhana, tetapi bukan apa adanya. Ruang keluarga bergaya minimalis justru dirancang secara cermat. Konsep utamanya adalah menggunakan dekorasi dan perabot secukupnya dan tidak berlebihan, sehingga terlihat lebih bersih dan enak untuk dipandang.

3. Desain Interior Ruang Keluarga Klasik

Jika menginginkan ruang keluarga yang terlihat elegan layaknya sebuah istana, pilihlah desain interior klasik. Menggunakan perabot dan dekorasi khas klasik Eropa akan membuat ruang keluarga terlihat sangat berkelas dan mewah.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Ruang Keluarga Industrial

Untuk tampilan yang maskulin, cobalah menerapkan desain interior industrial pada ruang keluarga. Perpaduan antara material ekspos tanpa finishing yang sempurna disertai perabot yang modern, akan membuat ruang keluarga terlihat keren.

5. Konsep Tradisional

Suasana pedesaan yang sejuk dan menenangkan, paling cocok jika dinikmati dari dalam ruang keluarga bergaya tradisional. Material yang paling sering digunakan adalah material alam seperti kayu dan batu alam, sehingga desain tradisional semakin terlihat natural.

6. Ruang Keluarga Modern

Desain ruang keluarga berkonsep modern paling cocok diterapkan pada hunian masa kini, seperti apartemen dan flat house. Desain modern akan memancarkan kesan ruang keluarga yang mengikuti zaman dan tetap keren untuk waktu yang lama.

3 dari 3 halaman

7. Ala Skandinavia

Desain interior skandinavia memang paling efektif dalam urusan menyuguhkan kehangatan. Karena dari negara asalnya saja, desain ini sudah identik dengan negara bersalju di Eropa Utara.

Karakteristik yang paling menonjol adalah penggunaan warna cerah seperti putih dan pastel, serta material kayu yang cantik.

8. Ruang Keluarga Tropis

Ruang keluarga bernuansa tropis sangat cocok diterapkan di kawasan yang mendapat sinar matahari sepanjang tahun seperti Indonesia. Ciri khasnya adalah penyediaan akses sirkulasi udara dan sumber pencahayaan alami yang maksimal. Hal tersebut dikarenakan wilayah tropis yang cukup panas, namun memiliki angin yang sepoi-sepoi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.