Sukses

5 Instalasi Keren yang Sarat Makna di Indonesia Butuh Anak Muda

Gelaran Indonesia Butuh Anak Muda menghadirkan deretan instalasi yang berisi pesan bermakna.

Liputan6.com, Jakarta - Lima instalasi yang Instagramable menghiasi lantai 12 Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, Rabu, 19 Februari 2020. Kehadiran deretan instalasi unik ini sekaligus untuk memeriahkan Satu Dekade Mata Najwa lewat gerakan bertajuk Indonesia Butuh Anak Muda.

Selain unik dan menarik, instalasi turut mengajak pengunjung untuk berpartisipasi dan ikut kritis tentang isu global. Ada pesan yang penuh makna yang disertakan di dalamnya.

Seperti apa keseruan di instalasi sarat makna di Indonesia Butuh Anak Muda? Simak rangkuman Liputan6.com di bawah ini.

1. Instalasi Peduli Bumi

Bekerja sama dengan WWF, terdapat instalasi yang terbuat dari botol-botol plastik. Pada lantai instalasi terdapat kasus-kasus terkait sampah plastik yang membahayakan lingkungan, terutama ekosistem laut.

Instalasi ini mengajak para generasi muda lebih peduli dengan isu lingkungan. Ada banyak hal kecil yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan bumi seperti membawa tas belanja sendiri untuk mengurangi penggunaan kantong plastik.

Di instalasi ini juga disediakan kacamata virtual reality. Lewat kacamata itu dapat melihat keindahan bawah laut Raja Ampat serta keadaan menyedihkan laut yang banyak sampah.

Pengunjung juga bisa menyalurkan ide tentang solusi lain mengatasi isu kerusakan lingkungan yang membahayakan bumi di instalasi ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Instalasi Bijak di Dunia Maya

Instalasi yang satu ini pasti bikin ingat soal broadcast berita yang sering muncul di grup WhatsApp keluarga, tentang berita bohong atau hoaks yang tak jarang menimbulkan keresahan.

Di instalasi ini terdapat pertanyaan-pertanyaan, seperti siapa yang membuat berita tersebut hingga apa tujuan berita itu. Selain Instagramable untuk berfoto, instalasi ini juga mengedukasi pengunjung.

Khususnya para milenial agar paham dengan Hukum Berbohong dan Menyebarkan Fitnah di Media Sosial yang diatur pada Undang-Undang No.11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

3 dari 5 halaman

3. Bercerita Manusia

Pada instalasi ini tergantung foto-foto jurnalistik tentang kasus atau isu yang terkait humanisme. Sangat menyentuh mengingat banyak persoalan yang masih berlarut-larut sampai sekarang.

Ada pula papan di depannya yang bertuliskan "Bukan hanya cerita tentang kamu yang layak dibagikan, mereka yang ada di sekitarmu juga. Karena setiap cerita berarti."

Terdapat lima televisi tabung dilengkapi dengan earphone. Pengunjung dapat menggunakannya dan menonton siaran yang disajikan tentang dokumenter jurnalisme dari berbagai isu di Indonesia.

4 dari 5 halaman

4. Instalasi Budaya Pop

Instalasi ini menyindir tentang kebiasaan konsumtif anak muda atau kaum mlenial di era sekarang, ada pula dekorasi berbentuk struk belanja. Bernuansa biru dan putih, instalasi ini juga menarik dijadikan spot foto.

Apalagi dengan tambahan properti seperti troli belanja dan bola-bola kecil berwarna biru. Pengunjung juga bisa menyampaikan tips bagaimana mengatur keuangan Anda agar jadi generasi yang melek finansial.

5 dari 5 halaman

5. Instalasi Satu Dekade Mata Najwa

Instalasi ini juga tak kalah menambah wawasan pengunjung sekaligus membuka mata soal kebiasaan masyarakat di kota-kota besar. Kotak-kotak balok dengan warna kuning, ungu, biru dan jingga tampak mengisi instalasi, baik di lantai juga tampak digantung.

Tak hanya berfoto di antara balok warna-warni yang lucu ini, pengunjung juga dapat membaca pesan yang disampaikan yang tertulis di masing-masing balok seperti 'Hidup jujur sederhana menolak jalan instan menghalalkan berbagai cara.', 'Giliran nanya, dianggap bikin susah, anak muda juga punya suara.', 'Membawa tumbler bukan buat gaya, tapi tahu fungsi.'. (Adhita Diansyavira)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.