Alasan Unik Salon di Inggris Tak Sediakan Cermin bagi Pelanggan

Oleh Henry pada 20 Feb 2020, 07:01 WIB
Diperbarui 20 Feb 2020, 07:01 WIB
Salon Tanpa Cermin di Inggris

Liputan6.com, Jakarta -  Salah satu barang yang wajib ada di salon kecantikan maupun rambut adalah cermin. Dengan adanya kaca atau cermin, baik para pengunjung maupun mereka yang bertugas di salon dapat melihat hasil potongan.

Tapi benda ini justru tidak akan ditemui di sebuah salon rambut di Inggris. Salon bernama Pixal-Rose Hair Design itu justru sengaja tidak menyediakan cermin.

Ada alasan tertentu yang membuat mereka tidak menyediakan cermin. Pemilik salon, Kelly Vowles, mengungkapkan kalau salon miliknya ini melindungi self-esteem kliennya.

Tujuannya, para pelanggan memasrahkan ketidaksempurnaan dan duduk di atas kursi. Hal tersebut membuat pelanggan mempercayakan hair stylist bekerja dengan caranya sendiri.

Perawatan rambut di salon kadang bagi sebagian orang merasa menegangkan karena harap-harap cemas dengan hasilnya.

Hal itu yang membuat Kelly tidak menggunakan cermin di salonnya agar klien atau pelanggan mereka merasa nyaman dengan dirinya sendiri.

2 dari 3 halaman

Tekanan dari Media Sosial

Salon Tanpa Cermin di Inggris
Salon Tanpa Cermin di Inggris. (dok.Instagram @pixalrose_vegansalon/https://www.instagram.com/p/B6kqyVXgyih/Henry)

Bukan itu saja, Kelly menilai para pelanggan cenderung menilai jelek tentang diri mereka sendiri kalau terlalu lama bercermin. Bukan hanya soal rambut, tapi penampilan secara keseluruhan.

"Sebagian orang yang datang ke salon selama empat sampai lima jam, dengan mewarnai rambut. Lalu kami sadari kalau mereka melihat cermin dan mulai menilai diri mereka. Misalnya saja, mereka fokus dengan kerutan, atau penampilan yang terlihat lelah, rasanya selalu saja ada yang kurang," tutur Kelly, seperti dilansir dari Daily Star, 17 Februari 2020.

Sebenarnya masih ada di kaca di salon tersebut, tapi ukurannya kecil dan tidak diletakkan di dekat kursi untuk para pelanggan saat melakukan perawatan rambut mereka.

Kelly mengatakan bahwa tekanan dari media sosial membuat orang jadi lebih cepat rendah diri dengan penampilan mereka. Ia menyimpulkan, tidak menatap diri di cermin terlalu lama menjadi cara untuk lebih nyaman dengan diri sendiri.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓