Konsultan Gizi Virtual untuk Menjalani Gaya Hidup Sehat

Oleh Liputan6.com pada 25 Feb 2020, 20:21 WIB
Diperbarui 26 Feb 2020, 21:05 WIB
Gorry Holdings

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi wellness monitoring GorryWell baru-baru ini meluncurkan fitur baru yang akan berfungsi seperti “konsultan gizi virtual”. Fitur ini secara khusus dinamakan “Panduan Sehat” dan akan memberikan rekomendasi kalender menu personal per hari kepada para pengguna GorryWell.

Co-Founder dan Chairman Gorry Holdings, William Susilo Yunior mengatakan, perusahaan pengembang aplikasi GorryWell mengatakan bahwa fitur ini dapat memberikan informasi meal plan harian mulai dari menu sarapan, snack, makan siang hingga makan malam yang dicocokkan dengan tujuan kesehatan/diet dan biometrik kesehatan setiap pengguna.

“Setiap fitur baru yang kami kembangkan didasarkan pada analisis kebutuhan pengguna kami serta riset digital yang kami lakukan. Temuan kami selama beberapa tahun terakhir ini menunjukkan bahwa banyak orang yang memulai cara hidup sehat dengan mengatur konsumsi menu sehari-hari. Inilah alasan utama kami merilis fitur Panduan Sehat,” tuturnya saat ditemui di kantornya di kawasan Jakarta Barat, 24 Februari 2020.

Senada dengan itu, CEO Gorry Holdings Herry Budiman menegaskan, sebagai platform one stop e-Wellness solution, GorryWell memang dikembangkan sebagai usaha preventif masyarakat untuk menjadi makin sehat dan bugar lewat pengaturan pola makan dan aktivitas hariannya.

Investasi pada pola hidup sehat jauh lebih murah daripada pengobatan. Menurut Herry, contohnya bisa dilihat dari potensi gagal bayar BPJS sudah menyentuh Rp15,5 triliun.  Sudah saatnya kita secara kolektif memupuk pengetahuan dan berkomitmen untuk memulai hidup yang lebih sehat agar jangan sampai sakit. Kini memulai hidup yang lebih sehat menjadi semakin mudah dan praktis lewat pemanfaatan teknologi digital.

“Dengan mengunduh GorryWell dan memanfaatkan fitur Panduan Sehat, pengguna jadi tahu makanan apa yang boleh dan tidak boleh mereka konsumsi. Mereka seperti memiliki konsultan gizi virtual karena nanti akan diberikan rekomendasi makanan pagi, siang, malam sampai camilan dua kali dalam sehari,” tutur Herry Budiman.

Ia menambahkan, rekomendasi yang diberikan bisa berbeda-beda karena tiap orang punya tujuan kesehatan yang tidak sama. “Ada yang ingin menurunkan berat badan, sembuh dari penyakit, pemulihan, masa hamil dan sebagainya. Nantinya akan muncul resep-resep rekomendasi yang bisa mereka pakai untuk keseharian mereka, yang disesuaikan dengan tujuannya,” ucapnya.

CEO Gorry Holdings, Herry Budiman
CEO Gorry Holdings, Herry Budiman. foto: istimewa

Ia menegaskan bahwa rekomendasi yang diberikan didasarkan pada analisis tim ahli gizi yang dimiliki GorryHoldings. “Mereka sangat berpengalaman dan memiliki kualifikasi pendidikan kesehatan gizi dari kampus nasional ternama sehingga dapat dipertanggungjawabkan.”

Herry menambahkan bahwa GorryWell tidak bertanggungjawab terhadap dampak negatif apabila para pengguna mengabaikan rekomendasi yang mereka berikan.

“Bisa saja kan, kita sarankan makan menu A, tapi mereka makan menu B, nanti kita akan berikan semacam peringatan berdasarkan food journal mereka. Misalnya, kalorinya sudah kebanyakan, lemaknya melebihi takaran, atau proteinnya over dosis,” jelas Herry.

“Jadi kami menghimbau agar pengguna mengikuti apa yang disarankan oleh GorryWell untuk mempermudah mereka mencapai tujuan sehat,” sambungnya.

Pada 2020 ini, Gorry Holdings berencana menambah fitur-fitur baru yang akan memberikan solusi terintegrasi terhadap pola hidup sehat masyarakat.  “Akan ada gebrakan baru di tahun ini, nanti akan kami umumkan. Saat ini masih proses pengembangan,” pungkasnya.

Merapi Erupsi Lagi, Warga Tetap Cuek Beraktivitas