Ketahui Serba-serbi Membersihkan Wajah

Oleh Putu Elmira pada 19 Feb 2020, 05:01 WIB
Diperbarui 19 Feb 2020, 05:01 WIB
Ilustrasi Wanita Cuci Muka

Liputan6.com, Jakarta - Terkhusus untuk kaum hawa, menjaga kesehatan kulit wajah jadi satu hal yang tak boleh dilewatkan. Maka itu, sederet langkah untuk membersihkan wajah pun masuk dalam daftar perawatan.

Proses membersihkan wajah dengan benar merupakan kunci mendapat kulit sehat. Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan dalam melakukan tahapan ini?

"Mencuci muka itu untuk membersihkan kotoran dan debu, di mana sebelum tidur harus dalam keadaan bersih dan untuk sel kulit mati hilang yang bisa dilakukan opsional," kata dr. Eddy Karta, dokter spesialis kulit dan kelamin di peluncuran jingle campaign Senka 'Perfect Whip 2-1-0' di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa, 18 Februari 2020.

Pembersihan wajah dengan facial foam disebutkan Eddy mampu menyerap kelebihan minyak dan sebum secara menyeluruh. Selain itu, juga mampu menarik keluar kotoran dan sel kulit mati yang terjebak dalam pori-pori.

"Muka iritasi terlalu kering karena salah pakai pembersih. Lapisan atas kering tapi di bawah produksi minyak karena nggak bisa disetop. (Bagian) atas terkelupas rutin akibatnya kulit kering menutupi kulit bawah menimbulkan komedo karena kulit kering," lanjutnya.

Saat ini, ada beragam jenis pembersih wajah yang dapat ditemukan di pasaran. Sebut saja sabun untuk mengangkat kotoran yang kini semakin multitasking, cleansing foam yang mengangkat kotoran tidak terlalu keras.

Ada pula scrub cleanser, cleansing milk untuk mengangkat lemak, cleansing oil, serta air pembersih atau micellar water untuk mengangkat kosmetik dengan formula air. Pemakaiannya pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan wajah.

2 dari 3 halaman

Tips Memilih Pembersih Wajah

Ilustrasi Wanita Cuci Muka
Ilustrasi Wanita Cuci Muka (iStockphoto)​

Membersihkan wajah juga erat kaitannya dengan pemilihan pembersih wajah itu sendiri. Hal yang terutama adalah mengenali jenis kulit yang dimiliki.

"Mengenali kulit. Jika normal cenderung iritasi, perlu dibersihkan lebih ketika habis naik motor (beraktivitas di luar) itu harus ditanggulangi dengan mengembalikan kelembapan," kata Eddy.

Hal yang tidak kalah penting untuk diketahui adalah memahami aktivitas. Jika beraktivitas cukup padat di hari tersebut, ada baiknya dilakukan pembersihan yang cukup intens.

Namun di tengah upaya untuk membersihkan wajah dan memilih produk, terkadang ada saja ketidakcocokan yang terjadi. Kenali terlebih dahulu tanda-tandanya.

"Tandanya tidak cocok itu saat muka terasa ketarik dan kaku, mulai terasa perih ketika memakai sesuatu, pelembap ada partikel pengawet masuk ke kulit, lalu ada rasa gatal," tambahnya.

 
3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓