6 Manfaat Kulit Jeruk bagi Kebersihan Rumah Anda

Oleh Putu Elmira pada 23 Feb 2020, 05:03 WIB
Diperbarui 23 Feb 2020, 05:03 WIB
Ilustrasi jeruk.

Liputan6.com, Jakarta - Jeruk terkenal akan kandungan sumber vitamin C yang melimpah pada buahnya. Banyak yang mempercayai, jeruk mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh, memperkuat tulang dan gigi, serta melancarkan pencernaan. 

Selain buahnya yang memberikan kesegaran, tahukah Anda jika kulit jeruk yang selama ini dibuang pun ternyata bisa digunakan untuk membersihkan area rumah Anda? Dilansir dari Home and Decor, 18 Februari 2020, berikut lima manfaat kulit jeruk bagi kebersihan rumah Anda. 

1. Sebagai Pengusir Serangga

Kulit jeruk dipercaya dapat ampuh mengusir kecoak, semut, dan hama. Bahkan, Anda bisa menggunakannya untuk meyingkirkan kutu yang ada pada tanaman dengan mencampurkan dengan beberapa tetes sabun deterjen ke larutan jeruk. 

Langkah pertama ialah kupas kulit jeruk dan singkirkan bagian dalam putih. Selanjutnya, masukkan kulit yang telah dipotong tersebut ke dalam panci yang berisi air. Masak dan biarkan mendidih selama lima menit. Kemudian, angkat dan biarkan selama 24 jam. Setelah dibiarkan, saring larutan ke dalam botol semprot. 

2. Membersihkan Keran dan Barang Stainless Steel

Minyak alami dalam kulit jeruk sangat bagus untuk menghaluskan noda dan menjaga agar benda-benda stainless steel Anda tetap berkilau. Selain itu, minyak pun memiliki penahan alami yang membantu menjaga baja tahan terhadap air. 

 

2 dari 3 halaman

3, Hilangkan Bau di Kulkas

Ilustrasi kulit jeruk.
Ilustrasi kulit jeruk. (dok. congerdesign/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Untuk membantu menghilangkan bau di kulkas Anda, akan lebih efektif jika kulit jeruk digiling hingga bubuk, namun tak menutup kemungkinan dengan hanya memotong pun bisa bekerja secara efektif. 

Caranya, Anda tinggal campurkan potongan kulit kecil dan baking soda dalam satu piring dan simpan di dalam lemari es. Dengan begitu, aroma dari kulit jeruk akan keluar dan menjaga kulkas Anda tetap segar. 

4. Sebagai Larutan Pembersih 

Menggunakan white-vinegar atau cuka putih sebagai larutan pembersih mungkin bekerja secara efektif, namun cairan tersebut akan meninggalkan baru. Dengan menambahkan beberapa kulit jeruk ke dalam larutan dan membiarkannya meresap dapat membantu mengurangi bau tajam dari cuka tersebut. 

5. Membersihkan Microwave 

Kulit jeruk dapat membantu untuk membersihkan mikrowave Anda. Caranya cukup mudah, hanya tinggal memasukkan kulit jeruk ke dalam mangkuk berisi air dan simpan di dalam microwave selama satu hingga dua menit. 

Kulit jeruk tidak hanya menghilangkan bau dari microwave, tetapi bisa pula membantu menghilangkan noda makanan yang menempel sehingga akan lebih mudah untuk digosok. 

6. Hilangkan Bau Tempat Sampah

Tempat sampah yang diisi oleh berbagai limbah tentu akan menghasilkan aroma yang tidak mengenakan. Untuk mengatasinya, cucilah tempat sampah secara berkala agar tidak menyebarkan bakteri kepada anggota keluarga. Setelah dicuci, masukkan kulit jeruk dan diamkan sebentar. Lalu, bilas tempat sampah menggunakan air hangat. (Tri Ayu Lutfiani)

 

 

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓