Swiss Jadi Negara dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia 2020, Indonesia Nomor Berapa?

Oleh Henry pada 17 Feb 2020, 19:03 WIB
Diperbarui 17 Feb 2020, 19:03 WIB
Wisata Swiss
Perbesar
Wisata Swiss. (Foto: Claudia Beyli from Pixabay )

Liputan6.com, Jakarta -  Melancong ke luar negeri kini jadi hobi baru generasi kekinian atau milenial. Dengan berpergian, ada banyak pengalaman menarik yang bisa didapat di tiap negara tujuan.

Pengalaman seperti itu memang sangat berharga dan terkadang tak bisa dinilai dengan uang. Tapi tentunya, traveling ke luar negeri butuh uang yang tidak sedikit dan biasanya lebih mahal dibandingkan berpergian di dalam negeri.

Contohnya soal biaya hidup yang jelas berbeda dari negara asal masing-masing traveler, termasuk dari Indonesia. Laman Ceoworld Magazine baru-baru ini meluncurkan daftar negara-negara dengan biaya hidup termahal di dunia 2020.

Total ada 132 negara yang masuk dalam survey tersebut. Daftar ini disusun berdasarkan beberapa kategori seperti biaya hidup, sewa, harga bahan makanan, biaya makan di luar dan daya beli.

Lalu, apa yang terbayang di benak Anda saat membicaraan negara Swiss? Mungkin yang terlintas dalam pikiran kita adalah pegunungan dengan salju abadi berpadu dengan hamparan danau menghijau. Memang sangat indah, tapi faktanya, biaya hidup di Swiss adalah yang termahal di seluruh dunia.

Faktor utama yang membuatnya mahal adalah pengeluaran untuk restoran dan bahan pangan. Di Swiss, makanan memang terkenal cukup mahal dibandingkan negara-negara lainnya.

2 dari 3 halaman

Negara Termurah

Kate Middleton Kunjungi Masjid Pakistan
Perbesar
Pangeran William dan Kate Middleton mengunjungi Masjid Bahashi yang bersejarah di Lahore, Pakistan, Kamis (17/10/2019). The Duke dan Duchess of Cambridge berjalan tanpa mengenakan alas kaki untuk berkeliling situs Masjid. (Photo by AAMIR QURESHI / AFP)

Sebagian besar penduduk Swss kabarnya selalu menggunakan bahan makanan dan bumbu terbaik untuk memasak. Urutan berikutnya ditempati Norwegia, disusul Islandia, Jepang, Denmark, Bahama, Luksemburg, Israel, Singapura dan Korea Selatan.

Dari 20 posisi teratas, negara-negara kawasan Eropa masih mendominasi. Disusul kemudian lima negara Asia, satu di Amerika Utara, satu di Afrika, dua di Karibia, dan dua lagi di Oseania, sementara Amerika Serikat berada di urutan 20.

Survei tersebut juga menetapkan Pakistan sebagai negara dengan biaya hidup termurah di dunia. Di atasnya ada Afghanistan, India, Suriah, Uzbekistan, Kirgiztan, Tunisia, Venezuela, Kosovo, Georgia, Nepal, dan Mesir.

Bagaimana dengan Indonesia? Dalam daftar ini, Indonesia menempati urutan 93. Berada di peringkat ke-93 dari 132 negara, bisa dibilang biaya hidup di Indonesia termasuk tidak terlalu tinggi.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓