Sukses

Resepi Pernikahan Danny Rukmana-Raiyah, dari Minum Air Zamzam hingga Bunga Favorit Mendiang Tien Soeharto

Sementara akad mengusung tradisi Bugis-Makassar, perpaduan nuansa Jawa-Sunda tampak di resepsi pernikahan Danny Rukmana dan Raiyah.

Liputan6.com, Jakarta - Menyambung akad pada Sabtu siang (15/2/2020), rangkaian acara pernikahan pasangan Danny Rukmana dan Raiyah Chitra Caesaria dilanjutkan dengan resepsi di malam hari. Sebuah hotel bintang lima di bilangan Jakarta Pusat masih jadi venue event istimewa tersebut.

Berdasarkan siaran langsung di akun YouTube Cendana TV, nuansa Jawa terasa kentara di lokasi pesta, mulai dari dekorasi, hingga tabuhan musik. Kirab pengantin pun dimulai dengan serangkaian prosesi.

Salah satunya adalah kedua mempelai minum air zamzam. Sebagaimana narasi yang dibacakan MC, hal ini disimbolkan sebagai doa agar Danny Rukmana dan Raiyah memiliki hati yang bening dalam menjalani bahtera rumah tangga. Juga, sebagai permohonan rida Tuhan Yang Maha Esa atas pernikahan keduanya.

Kemudian, disambung dengan pengalungan kalung ronce melati. "Bunga melati sendiri merupakan bunga kesukaan (mendiang) ibu Tien, sekaligus lambang dari negara Republik Indonesia," begitu keterangan yang dibacakan.

Bunga melati diartikan sebagai doa agar kedua mempelai dapat mengharumkan nama keluarga selama jadi pasangan suami-istri.

Berhias paes, riasan wajah Raiyah terkesan bold, lengkap dengan lipstik merah gelap. Pilihan warnanya on-point, mengingat busana dominasi hitam, selaras dengan Danny Rukmana, jadi pilihan keduanya.

Ayah dari kedua mempelai sama-sama mengenakan beskap berpadan kain, sementara kebaya yang dikenakan kedua ibu pengantin berwarna hijau emerald.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Deretan Tamu Penting

Masih di kesempatan yang sama, tampak pula sekian banyak tamu memberi selamat dan menghaturkan doa restu bagi Danny Rukmana dan Raiyah Chitra Caesaria, di mana beberapa di antaranya bukan sosok asing.

Beberapa nama familiar adalah Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, mantan Presiden RI Jusuf Kalla (JK), dan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Prabowo dan JK mengenakan busana serupa, yakni berupa setelan jas berwarna gelap di atas kemeja putih yang dilengkapi dasi berwarna kontras.

Susi sendiri hadir mengenakan busana serba hitam dengan aksen fur di sekitar leher. MC pun menggoda Susi untuk nanti malam berdansa dengan orangtua pengantin, juga kedua mempelai.

Sementara perpaduan nuansa Jawa-Sunda tampak di resepsi, akad nikah yang sudah lebih dulu dilaksanakan mengusung adat Bugis-Makassar, wilayah asal Raiyah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.