Sukses

Arti Baju Merah yang Dikenakan Raiyah Istri Danny Rukmana Saat Akad Nikah

Serasi dengan Danny Rukmana, Raiyah mengenakan busana khas Bugis saat akad nikah di bilangan Jakarta Pusat, 15 Februari 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Putra Tutut Soeharto, Danny Bimo Hendro Utomo atau akrab disapa Danny Rukmana resmi menikah pada Sabtu (15/2/2020). Akad pernikahan diketahui mengusung adat Bugis-Makassar, asal kelahiran mempelai perempuan, Raiyah Chitra Caesaria.

Raiyah mengenakan balutan busana adat Bugis, yaitu bodo, berwarna merah cerah. Melansir laman Indonesia Kaya, Sabtu (15/2/2020), bodo merupakan pakaian tradisional yang biasa dikenakan perempuan suku Bugis.

Dalam penggunaan pakaian warisan leluhur tersebut terdapat adab, yakni warna melambangkan tingkat usia dan kasta perempuan pemakainya. 

Berdasarkan tayangan akun YouTube Cendana TV, istri Danny Rukmana tersebut mengenakan bodo merah. Warna ini melambangkan bahwa pemakainya merupakan perempuan berusia 17-- 25 tahun. 

Nama bodo sendiri berarti pendek, tercermin dari busana Raiyah yang panjangnya hanya sampai siku. Dahulu, bodo bahkan dikenakan tanpa menggunakan baju dalaman. Namun, seiring perkembangan zaman, pemakaiannya dipasangkan dengan dalaman warna senada, namun lebih terang. 

Tampilan Raiyah semakin elegan dengan bawahan berupa sarung keemasan. Dilihat secara keseluruhan, warna merah dan emas jadi yang paling dominan dalam busana istri Danny Rukmana tersebut. 

Tak ketinggalan, perempuan yang bekerja sebagai pramugari ini juga mengenakan aksesori berupa gelang dan kalung berbentuk bunga yang menjuntai hingga ke perut. Terdapat pula hiasan bunga berwarna putih dan oranye di belakang konde.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Resepsi Menggunakan Adat Sunda dan Jawa

Sementara prosesi adat Bugis-Makassar diusung saat akad nikah, perpaduan adat Jawa dengan Sunda, daerah asal keluarga mantan presiden Soeharto dan suami Mbak Tutut, Indra Rukmana, bakal hadir di pesta resepsi.

"Jadi, pengantin di pelaminan menggunakan adat Jawa, sementara keluarga dan among tamu menggunakan busana adat Teluk Belanga, Sunda," kata Dandy Indra Rukmana, kakak sulung Danny Rukmana sekaligus jubir keluarga.

Menurut Dandy, perpaduan adat Jawa dan Sunda dalam resepsi pernikahan Danny-Raiyah merupakan kesepakatan antara ayah dan ibunya. "Jadi, ini Bhineka Tunggal Ika," sambung putra sulung Tutut Soeharto ini. (Tri Ayu Lutfiani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.