6 Destinasi Wisata di Indonesia yang Tak Kalah Cantik dari Maladewa, Bisa Bulan Madu Tanpa Paspor

Oleh Asnida Riani pada 19 Feb 2020, 07:03 WIB
Diperbarui 19 Feb 2020, 07:03 WIB
Pulau Tegal Mas
Perbesar
Pulau Tegal Mas. (dok. Instagram @wisatategalmas_lampung/https://www.instagram.com/p/B799tlHlkLz//Adhita Diansyavira)

Liputan6.com, Jakarta - Maldives atau Maladewa kerap jadi tempat populer untuk menghabiskan bulan madu. Terletak di 700 km sebelah barat daya Sri Lanka, suasana di sana semakin intim dengan penginapan terapung.

Namun kini, Anda tak butuh paspor untuk menikmati suasana seperti di Maladewa. Indonesia juga punya banyak destinasi yang tak kalah cantik dengan negeri di tengah Samudra Pasifik itu. Dikutip dari berbagai sumber, berikut enam tempat di Indonesia yang mirip Maldives.

1. Pulau Tegal Mas

Lampung punya wisata apik yang tak kalah saing. Berlokasi di Pulau Tegal, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Pulau Tegal Mas disebut-sebut mirip Maladewa. Menuju Pulau Tegal Mas memakan waktu sekitar 50 menit dari Bandar Udara Internasional Radin Inten II, Lampung Selatan.

Anda juga bisa melalui Pantai Sari Ringgung. Dari Pantai Sari Ringgung, Anda dapat menyeberang menggunakan speedboat selama 10 sampai 15 menit dengan yang disediakan pengelola di Dermaga Tegal Mas.

Kawasan wisata ini juga menyediakan banyak fasilitas. Anda bisa memilih berbagai penginapan, mulai dari vila, hostel, atau cottage sampai penginapan unik yang berbentuk seperti rumah Lombok.

Objek wisata lain yang berbeda dari Maldives adalah bertandang ke Masjid Apung. Konsep rumah ibadah juga dibuat menarik. Masjid Ar-Yoyol dapat menampung hingga lebih dari 100 orang jamaah. Masjid ini menjorok sekitar 50 meter ke arah laut. Masjid ini jadi salah satu tujuan wisata religi yang sayang dilewatkan jika berkunjung ke Pulau Tegal Mas.

2 dari 7 halaman

2. Pantai Ora, Maluku

Pantai Ora, Maluku
Perbesar
Pantai Ora, Maluku. (dok Instagram @tripzilla.id/https://www.instagram.com/p/BmA7HzUhuIB//Adhita Diansyavira)

Pantai Ora jadi salah satu kembaran Maldives yang terdapat di Indonesia. Pantai ini berlokasi di Pulau Seram, kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah, Maluku. Dari Ambon, Anda dapat menempug perjalanan darat sampai ke Pelabuhanan Hulnata, Tulehu. Dari pelabuhan, Anda dapat melanjutkan perjanan ke Pelabuhan Amahai menggunakan kapal feri.

Masih diperlukan perjalanan darat sekitar 2,5 jam menyusuri wilayah Kota Masohi dan wilayah Teon, Nila dan Serua (TNS) serta melewati liku-liku jalur pegunungan yang indah dan wilayah Taman Nasional Manusela.

Berada di ujung barat Teluk Sawai, Pantai Ora menyuguhkan pemandangan yang eksotis. Keindahannya juga sering disandingkan Maldives, Pantai Boracay di Filipina atau Pantai Bora-Bora di Samudera Pasifik.

3 dari 7 halaman

3. Pulau Cinta, Gorontalo

Pulau Cinta, Gorontalo
Perbesar
Pulau Cinta, Gorontalo. (dok. Instagram @pulaucinta.gorontalo/https://www.instagram.com/p/B8IteSphe2T//Adhita Diansyavira)

Tak kalah mengesankan, pemandangan hamparan pasir bersih dan langit luas membentang Anda bisa dapatkan di Pulau Cinta, Gorontalo. Lokasinya berada di Teluk Tomini, Desa Patoameme, Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, Sulawesi Utara.

Anda perlu menempuh jarah 115 kilometer dari Kota Gorontalo. Perjalanan ini memakan waktu sekitar tiga jam perjalanan darat. Anda akan mendapati jembatan di atas laut yang membentuk hati. Di pinggir jembatan terdapat beberapa penginapan terapung persis seperti di Maladewa.

Pulau ini akan jadi spot romantis untuk petualangan Anda bersama pasangan. Banyak hal yang dapat Anda lakukan di sana, seperti menyusuri hutan rindang yang terdapat di seberang Pulau Cinta. Anda juga bisa berolahraga air menikmati keindahan biota laut dengan snorkeling atau menyelam.

4 dari 7 halaman

4. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur
Perbesar
Kepulauan Derawan, Gorontalo. (dok. Instagram @hvtrip/https://www.instagram.com/p/B2rDOAMgwuI//Adhita Diansyavira)

Kalimantan juga punya wisata ala Maldives, lokasinya berada di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau. Kepulauan ini jadi surga yang dikagumi penyelam dari mancanegara.

Di Kepulauan Derawan terdapat beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil yang sangat penting yaitu terumbu karang, padang lamun dan hutan bakau. Tak heran, kepulauan ini jadi surga yang dikagumi para penyelam dari mancanegara.

Selain itu, banyak spesies yang dilindungi berada di Kepulauan Derawan seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung, ikan dan barakuda. Anda juga dapat menginap di penginapan terapung ala Maldives di Kepulauan Derawan. Karena keindahannya, Kepulauan Derawan juga telah dicalonkan untuk menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada 2005.

5 dari 7 halaman

5. Kepulauan Kei, Maluku

Kepulauan Kei, Maluku
Perbesar
Kepulauan Kei, Maluku. (dok. Instagram @trip_keiisland/https://www.instagram.com/p/BjpOt7jFQ_3//Adhita Diansyavira)

Wisata Indonesia yang juga disandingkan dengan Maladewa adalah Kepulauan Kei. Termasuk gugusan pulau di kawasan tenggara Kepulauan Maluku, Kepulauan Kei bahkan dinobatkan dengan pantai dengan pasir paling halus di dunia oleh Majalah National Geographic.

Selain Pantai Ora, wisata di Maluku ini tak kalah menarik. Anda juga dapat mengunjungi destinasi lain di Kepulauan ini. Salah satunya Gua Hawang yang terletak di Desa Letvuan. Di Gua Hawang, Anda dapat menyelam dan menjelajahi bagian dalam gua melalui sungai bawha tanah.

Anda dapat menuju Kepulauan Kei lewat jalur udara sampai ke Bandara Karel Sadsuitubun (LUV), Langgur, Maluku Tenggara. Bandara tersebut satu-satunya yang menyediakan akses untuk ke Kepulauan Kei. Selanjutnya, Anda harus melanjutkan perjalanan darat sekitar 30 menit untuk dapat menikmati keindahan ala Maldives di Kepulauan Kei.

6 dari 7 halaman

6. Pulau Bawah Anambas, Kepulauan Riau

Pulau Bawah Anambas, Kepulauan Riau
Perbesar
Pulau Bawah Anambas, Kepulauan Riau. (dok. Instagram @exploredolan.id/https://www.instagram.com/p/BkxVn_RB-L2//Adhita Diansyavira)

Wisata ala Maladewa lainnya terdapat di Kepulauan Anambas, di Provinsi Kepulauan Riau. Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Natuna.

Sama seperti Maldives, Pulau Bawah Anambas juga punya penginapan terapung ala Maldives. Namun, bentuk jembatan saja yang berbeda. Pulau Bawah Anambas punya bentuk jembatan yang lebih sederhana tapi tak kalah indah. Anda bisa dengan jelas melihat pemandangan biota laut karena air yang jernih.

Untuk sampai ke Pulau Bawah Anambas, Anda bisa melakukan perjalanan dari Tanjung Pinang di Pulau Bintan dengan menggunakan pesawat ke Bandara Matak. Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan naik speedboat ke Tarempa, Kepulauan Anambas. (Adhita Diansyavira)

7 dari 7 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓