Sukses

Rangkaian Prosesi Pernikahan Adat Jawa Danny Rukmana Jelang Akad Nikah

Danny Bimo Hendro Utomo dan Raiyah Chitra Caesaria telah melewati serangkaian prosesi pernikahan. Mereka kini menantikan akad nikah dan resepsi.

Liputan6.com, Jakarta - Kebahagiaan sedang dirasakan Siti Hardiyanti Rukmana atau Tutut Soeharto dan Indra Rukmana. Begitu pula dengan dengan putra tercinta mereka, Danny Bimo Hendro Utomo atau Danny Rukmana yang akan menikah dengan pujaan hatinya, Raiyah Chitra Caesaria.

Perkenalan Danny dan Raiyah terjadi di Singapura pada akhir Februari 2018. Sebulan kemudian mereka memutuskan untuk berpacaran. Danny resmi melamar Raiyah di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 14 September 2019.

Sejak acara lamaran berbagai persiapan dilakukan hingga rangkaian prosesi pernikahan. Rangkaian prosesi pernikahan dilakukan dengan pemasangan Bleketepe di kediaman Tutut Soeharto, Jalan Yusuf Adiwinata, Menteng, Jakarta Pusat, 13 Februari 2020. Setelah itu dilanjutkan dengan pencatatan nikah oleh Kantor Urusan Agama (KUA) Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Bleketepe ini, dalam adat Jawa sebagai penanda dimulainya suatu hajatan yang dilaksanakan. Ini sebenarnya bukan doa, hanya sebagai penanda," tulis putri sulung mantan Presiden Soeharto itu dalam akun Instagramnya.

Prosesi pernikahan kemudian dilanjutkan dengan acara sungkeman yang diiringi alunan irama khas Jawa, Jumat, 14 Februari 2020. Danny duduk bersimpuh di hadapan orangtuanya, Tutut Soeharto dan Indra Rukmana. Ia lalu meminta restu dan rida kepada mereka.

"Papa dan mama yang Danny cintai dan hormati. Danny mohon maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan yang pernah Danny lakukan selama ini, yang kurang berkenan di hati mama dan papa, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Danny mohon izin untuk mencuci telapak kaki papa dan mama sebagai ungkapan rasa bakti dan terima kasih Danny atas segala pengorbanan mama dan papa untuk Danny selama ini," kata Danny.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Adat Bugis dan Jawa

Setelah itu, prosesi pernikahan Danny dilanjutkan dengan siraman. Siraman dihadiri keluarga, para saudara, kerabat, baik dari pihak Danny Rukmana maupun Raiyah. Sejak pagi, mereka sudah tiba ke kediaman Tutut dengan mengenakan pakaian seragam adat Jawa. Dalam acara itu hadir pula artis Camelia Malik dan Nia Daniaty.

"Alhamdulillah... berkat do'a sahabat-sahabat semua, prosesi siraman anak saya sudah berlangsung dengan lancar tadi siang... Prosesi siraman dan sungkeman merupakan tradisi bangsa kita yang harus kita lestarikan," kata Tutut lewat akun Instagramnya, Jumat, 14 Februari 2020.

Kemudian dilakukan  pemotongan rambut Danny. Potong rambut melambangkan tanggung jawab calon suami dalam memimpin rumah tangga, termasuk mencari nafkah.

Setelah itu, prosesi begalan atau berbagi kebahagiaan. Beragam peralatan dapur yang dibawa oleh calon suami kemudian direbut oleh ibu-ibu yang hadir. Acara tersebut berlangsung pada Jumat, 14 Februari 2020.

Berbagai rangkaian prosesi pernikahan telah dilewati oleh Danny dan Raiyah. Saat ini mereka sedang menantikan momen istimewa dalam kehidupan baru mereka nanti.

Menurut rencana, akad nikah mereka akan mengusung adat Bugis-Makassar yang berlangsung di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Sabtu (15/2/2020). Resepsi akan berlangsung di tempat yang sama pada malam harinya dengan mengusung adat Jawa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.