Sukses

Strong Sisters Indonesia Dorong Wanita Selalu Sehat Secara Fisik dan Mental

Strong Sisters Indonesia Dorong Wanita Selalu Sehat Secara Fisik dan Mental

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah komunitas dari wanita untuk wanita, Strong Sisters Indonesia (SSI) adalah komunitas pertama di Indonesi yang dibentuk sebagai wadah untuk saling support atau empowering perempuan diseluruh Indonesia terutama di bidang kesehatan dan kebugaran.

Kesehatan dan kebugaran yang dimaksud disini punya makna luas, yaltu perempuan tidak hanya sehat secara fislk, tapi juga harus sehat secara mental.

Terbentuk sejak November 2018, SSI merupakan bagian dari APKI, Asosiasi di bidang edukasi yang melatih pelatih kebugaran Indonesia. Anggota SSI adalah seluruh alumni perempuan APKI yang ingin terlibat secara langusng dan tentunya terbuka untuk umum juga.

Sesuai dengan tagline SSl, yaitu Empowerin Women Through Fitness, tujuan mereka adalah saling berbagi dan membahas tentang pendapat/ perspektif/pengalaman perjalanan hidup untuk dijadikan inspirasi serta informasi seputar kesehatan dan kebugaran yang benar. Termasuk hal-hal yang masih sensitif dan tabu dibicarakan oleh masyarakat seperti kesehatan mental.

Melalui akun sosial media khususnya akun Instagram kami, yaitu @strongsisters.id, secara rutin berbagi informasi dan mengangkat topik atau isu tentang perempuan terutama tentang kesehatan fisik dan mental serta mengajak seluruh perempuan Indonesia untuk berbagi cerita dan pengalamannya.

Salah satu isu perempuan yang sedang diangkat oleh SSI adalah mengenai kutur sosial dalam masyarakat yang terus berkembang sejauh ini, terutama tentang tingkat kepercayaan dan nilai harga diri perempuan yang dipengaruhi oleh penampilan fisik semata.

Contohnya standar kecantikan tertentu yang harus dipenuhi demi mempunyai tingkat kepercayaan dan harga diri oleh seorang perempuan. Hal ini secara tidak langsung mengajarkan kami para perempuan untuk mempunyai pola pikir untuk berkompetisi dan membandingkan dirinya satu sama lain.

SSI percaya bahwa penampilan fisik hanyalah salah satu dari banyak faktor untuk mengukur bagaimana seorang perempuan dapat merasa percaya diri dan menghargai diri sendiri. Perempuan dapat membangun kepercayaan diri dan harga diri tidak hanya dengan menjaga penampilan saja, tetapi juga dengan meningkatkan pola pikirnya.

Berdasarkan pemikiran ini, SSI menyelanggarakan Beyond Shape Workshop yang bertempat di Fitness Embassy Jakarta di kawasan Jakarta Selatan, pada 15 Februari 2020. Sebuah workshop dengan tujuan women empowerment yaitu untuk membangun kepercayaan diri danharga diri yang dibawakan oleh perempuan-perempuan hebat di bidangnya masing-masing.

Narasumber yang hadir di acara tersebut adalah, Dinda Utami (Certified Fitness Trainer & Licensed Practicioner NLP Can You See, hear and feel you Goals?), Irtya Qiyamulail (Certified Sports Nutritionist Nutrion and Menstrual Cycle) dan Eden Wie (Certified Firness Trainer & Muaythai, Boxing Trainer women Self Defense 101).

Bukan hanya di Jakarta, Beyond Shape Workshop juga akan diselenggarakan di kota-kota besar lainnya dan yang terdekat adalah kota Makasar pada 21 Maret 2020 mendatang. SSl berharap untuk dapat memberi manfaat dengan menjadi platform untuk menginspirasi seluruh perempuan Indonesia dalam berbagi cerita dan informasi yang bermanfaat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini