Sukses

Menyiasati Bentuk Ruang Memanjang di Butik Kelas Atas dengan Desain yang Fun

Pemilihan konsep, warna, dan material unik jadi kunci menata ruangan butik yang memanjang.

Liputan6.com, Jakarta - Penataan desain interior dalam ruang yang terbatas memerlukan beberapa trik khusus dan pertimbangan yang matang. Penerapan konsep, warna, hingga pemakaian material unik dapat kian mempercantik sudut-sudut ruang itu.

Begitu pula dengan menata butik dengan ruang memanjang seperti 3Mongkis yang baru saja membuka toko teranyar di Plaza Indonesia, Jakarta. Proyek desain interior butik ini ditangani oleh arsitek dan interior designer, Dara Setyohadi.

Konsep yang dihadirkan dalam butik menyesuaikan dengan brand busana yang dijual yakni casual wear dan daily wear. Ada tiga konsep yang diterapkan ke dalam space butik.

"Sebenarnya tricky, space-nya memanjang banget tapi kita bikin instalasi yang fun," kata Dara kepada Liputan6.com di Plaza Indonesia, Jakarta, Kamis, 13 Februari 2020.

Dara menambahkan, tiga tema butik meliputi playful, lively, dan free spirit. Hal tersebut juga merujuk pada baju-baju yang dijual versatile yang dapat digunakan laki-laki dan perempuan.

"Kita ingin desain ini bisa bikin pengguna lebih playful dalam bergaya, memadupadankan style mereka. Pakai 3 warna, playful warna peach bukan pink, bukan orange, in between tapi menggambarkan happiness juga," tambahnya.

Berlanjut pada warna tema kedua yakni energy yang diberi sentuhan warna merah. "Pertama orang datang ketemu space warna merah kita bisa capture energi mereka," kata Dara.

"Lively penggabungan antara semuanya, kita ambil quotes gimana orang sibuk dengan kegiatan sehari-hari, sibuk dengan goals tapi nggak lupa untuk bisa enjoy their life, bisa passionate about life," lanjutnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Material Unik

Menyiasati ruang memanjang seperti butik ini menjadi tantangan tersendiri bagi Dara. Ia menyampaikan karena keseluruhan toko adalah front face toko itu sendiri

"(Siasati) susah-susah gampang karena kita harus fully aware dengan dekor yang kita terapkan makanya kita bagi dengan tiga konsep itu tadi." jelas Dara.

Penggunaan warna-warna pastel yang dominan di setiap area agar disebutkan Dara untuk memberi sentuhan yang tidak membosankan. Setiap area di ruang memanjang ini memiliki ciri khas tersendiri.

"Material kita pakai polycarbonate supaya bisa see-through dan memberi kesan raw itu sendiri. Penggunaan material ini kita juga ingin kasih tahu kalau material polycarbonate, wire mesh bisa dipakai untuk dekor unik dan juga affordable," tutup Dara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.