Sukses

Berat Badan Adele Dikabarkan Turun 45 Kg karena Diet Sirtfood, Apa Itu?

Penampilan baru Adele dengan tubuh lebih ramping dikabarkan karena menjalani diet sirtfood,

Liputan6.com, Jakarta - Penampilan penyanyi Adele dengan tubuh yang kini jauh lebih ramping telah jadi sorotan khalayak luas sejak beberapa waktu lalu. Pelantun "One and Only" ini dikabarkan berhasil menurunkan berat badan 100 pound atau sekitar 45 kilogram.

Melansir dari Eating Well, Kamis (13/2/2020), penurunan berat badan itu karena Adele disebutkan menjalani diet sirtfood dan meningkatkan rutinitas latihan dengan cross-training dan pilates.

People melaporkan, transformasi Adele bukan soal menurunkan berat badan, tetapi untuk menjadi lebih sehat untuk putranya, Angelo. Namun ketika ia mulai mengurangi minuman keras dan meningkatkan asupan makanan, ia mulai merasa lebih percaya diri, berenergi, dan terinspirasi untuk terus maju.

Lalu, apa itu diet sirtfood? Adalah program penurunan berat badan yang dibuat oleh peneliti nutrisi Aidan Goggins dan Glen Mattern. Mereka terinspirasi oleh studi pada 2013 dari University of Kiel di Jerman yang mengidentifikasi daftar "makanan pengaktif sirtuin yang menunjukkan untuk mempromosikan kesehatan yang optimal,".

Sirtuins (SIRTs for short) adalah keluarga protein yang bertanggung jawab untuk mengatur fungsi seperti umur, peradangan dan metabolisme, dan penelitian menunjukkan antioksidan tertentu yang ditemukan dalam makanan nabati dapat mengaktifkan protein ini.

Mereka meneliti sendiri, mengadakan studi uji coba kecil pada 40 anggota dari gym, tempat mereka bekerja. Para peserta menjalani diet selama tiga minggu dengan tiga jus hijau dan makanan Sirtfood-centric setiap hari.

39 orang dari peserta kehilangan rata-rata tujuh pound atau setara 3,2 kilogram pada minggu pertama setelah memperhitungkan kenaikan otot. Keduanya menyebut para peserta tidak hanya turun berat badan tanpa kehilangan massa otot, tetapi merasa lebih berenergi, punya tidur yang baik, dan memiliki kulit yang lebih sehat.

Dikatakan bahwa sirtfood akan mengaktifkan "gen kurus" tubuh dan membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Rencana diet tiga minggu ini memiliki dua fase.

Fase pertama berlangsung tujuh hari dan lebih banyak kalori dibatasi dengan maksud membantu Anda menurunkan tujuh pound dalam tujuh hari. Para pelaku diet sirtfood hanya dapat mengonsumsi 1.000 kalori selama tiga hari pertama dalam bentuk tiga jus dan satu kali makan.

Makanan ini dapat dipilih dari buku The Sirtfood Diet. Asupan kalori meningkat hingga 1.500 kalori pada empat hari terakhir fase satu, di mana Anda minum dua jus dan makan dua makanan yang disetujui diet sirtfood.

Fase dua adalah periode dua minggu "pemeliharaan," tetapi pelaku diet masih diharapkan untuk menurunkan berat badan selama waktu ini. Satu dapat mengkonsumsi tiga kali makan dari panduan resep The Sirtfood Diet dan satu jus per hari.

Para pelaku diet dianjurkan untuk melanjutkan siklus sampai mereka mencapai tujuan mereka atau hanya menambahkan lebih banyak sirtfoods ke dalam makanan mereka setiap hari, termasuk jus hijau.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ragam Makanan Sirtfood

Studi pada 2013 membantu Googins dan Mattern menciptakan diet sirtfood menemukan 16 "sirtfoods" yang mempromosikan umur panjang dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Para peneliti dari studi ini menyarankan mengikuti rencana diet "MediterrAsian" berdasarkan makanan berikut untuk kesehatan dan umur panjang yang optimal yang meliputi tahu dan produk kedelaain lainnya, wine dan anggur, stroberi, apel, kesemek, bawang merah, minyak zaitun, kacang polong, bawang, teh hijau, ikan yang berminyak, kunyit hingga rumput laut.

Makanan lain yang bisa dinikmati dalam diet ini termasuk cabai, soba, seledri, biji cokelat, kopi, kale, peterseli, sawi putih merah, hingga kacang kenari.

Ada tiga masalah utama dengan Sirtfood Diet. Sementara semua "sirtfoods" di daftar ini membuat tambahan sehat untuk diet Anda, ada banyak makanan bergizi lainnya yang tidak ada dalam daftar.

Sumber protein lain seperti daging tanpa lemak, tambahan makanan laut, telur, dan susu juga bisa menjadi bagian dari rencana penurunan berat badan yang sehat.

Jessica Ball, asisten editor nutrisi digital EatingWell, mengatakan rencana diet yang sangat ketat seperti ini yang hanya memungkinkan makanan tertentu bisa sulit untuk diikuti. Terutama jika mencoba diet ini selama lebih dari beberapa minggu.

"Beberapa klaim penurunan berat badan yang cepat yang dilakukan oleh pelaku diet kemungkinan karena penurunan berat badan air daripada penurunan lemak yang sebenarnya. Pola makan apa pun harus sesuai dengan gaya hidup Anda dan tidak terasa seperti tugas," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.