Sukses

Tren Wisata 2020 Versi Airbnb, Wisata Ramah Lingkungan dan Penginapan Minimalis Jadi Pilihan

Airbnb memprediksi wisata ramah lingkungan dengan penginapan minimalis menjadi tren yang akan berkembang di 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Pergi berwisata menjadi pilihan bagi beberapa orang untuk menghilangkan penat. Untuk itu, Airbnb mengeluarkan prediksi tren wisata yang akan berkembang di 2020 sebagai rekomendasi yang bisa dipilih oleh masyarakat saat hendak bepergian.

Dilansir dari Travel+Leisure, Rabu, 12 Februari 2020, Airbnb memperkirakan akan banyak masyarakat yang lebih suka melakukan perjalanan yang lebih ramah lingkungan. Selain itu, tren penginapan minimalis pun akan banyak digandrungi di tahun ini. 

Menurut survei tren Airbnb 2020, 52 persen orang Amerika ingin menghabiskan uang mereka untuk melakukan perjalanan liburan akhir pekan daripada menghabiskan seharian penuh di hari libur nasional. 

Selain itu, para pelancong pun mengatakan bahwa mereka lebih menginginkan kehidupan minimalis. Airbnb memiliki bukti ini melalui data dari Shepherd's Huts atau pondok gembala yang terbuat dari atap dan dinding terbuat dari seng dan biasa digunakan sebagai tempat penginapan saat menggembala domba di Inggris dan Prancis. 

Berdasarkan data, Shepherd's Huts telah melihat pertumbuhan pemilihan bangunan minimalis sebagai lokasi penginapan saat berwisata dari tahun ke tahun naik sebesar 112 persen. Padahal sebelumnya, hanya berada di angka 85 persen. 

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Tren Wisata

1. Wisatawan Lebih Suka Menghabiskan Uang untuk Mencoba Pengalaman Baru 

Menurut survei tren Airbnb 2020, 57 persen orang Amerika mengatakan lebih suka mengeluarkan uang untuk mendapat pengalaman baru daripada hal-hal lainnya. Kemungkinan mereka akan lebih banyak bertraveling bersama orang terdekat dibanding menghamburkan uang untuk membeli dan menyewa barang. 

2. Wisatawan Akan Menghabiskan Lebih Banyak Waktu di Luar Rumah 

Berdasarkan survei, wisatawan lebih tertarik untuk beraktivitas di alam terbuka untuk habiskan waktu berlibur mereka. Sebanyak 30 persen orang Amerika mengatakan mereka ingin melakukan lebih banyak perjalananan yang dilakukan di area outdoor. Airbnb pun menjelaskan "Alam" adalah kategori pengalaman yang sedang tren, pertumbuhannya meningkat 103 persen dari tahun ke tahun. 

3. Wisatawan Akan Mendatangi Lebih Banyak Wisata Sejarah

Survei Airbnb menemukan 32 persen orang Amerika paling ingin belajar tentang sejarah dan budaya pada tahun 2020. Berdasarkan data, pengunjung Airbnb mencari dengan kata kunci bersejarah sebanyak 50.000 kali pada 2020 ini. 

4. Wisatawan Ingin Melakukan Perjalanan yang Lebih Bersih dan Sadar Akan Makanan Sehat

Menurut Airbnb, pemilihan menu vegan sebagai bekal saat berwisata meningkat 579 persen, sedangkan jumlah orang yang melakukan diet vegan pun meningkat 570 persen. Secara keseluruhan, 35 persen orang Amerika mengatakan mereka ingin menghabiskan waktu menikmati pengalaman mendapat makanan yang baik saat berlibur. (Tri Ayu Lutfiani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.