Tren Fesyen Ramah Lingkungan di Karpet Merah Oscar 2020

Oleh Asnida Riani pada 11 Feb 2020, 02:03 WIB
Diperbarui 11 Feb 2020, 02:03 WIB
Oscar 2020

Liputan6.com, Jakarta - Karpet merah Oscar, pun di perhelatan ke-92, tak jua lepas dari kesan glamor yang banyak orang harapkan dari sebuah penghargaan bergensi. Tapi, pada pergelaran Minggu malam, 9 Februari 2020, ada semangat baru yang dibawa para bintang.

Tak sedikit dari mereka yang menolak tradisi menggunakan busana baru yang di-custom sedemikian rupa. Sebagai ganti, para figur kenamaan ini mengenakan busana lebih ramah lingkungan tanpa mengurangi pesona mereka.

Margot Robbie

Aktris yang masuk nominasi aktris peran pembantu terbaik ini, mengutip dari laman Vogue, Senin (10/2/2020), mengenakan gaun lawas Chanel dari koleksi musim semi 1994 Haute Couture. Kendati, gaun sutra biru dongker dengan detail off-shoulder tersebut tetap tampak cantik dikenakan.

Elizabeth Banks
Elizabeth Banks saat tampil di Oscar 2020. (Jean-Baptiste Lacroix / AFP)

Elizabeth Banks

Semangat serupa juga disuarakan Elizabeth Banks. Aktris sekaligus sutradara ini mengenakan busana yang sudah pernah dipakai ke pesta Oscar di 2004 pada perhelatan serupa tahun ini. "Gaun ini cantik dan masih muat. Jadi, mengapa tak dipakai lagi?" ucapnya seperti dikutip laman People.

Oscar 2020
Léa Seydoux menghadiri Oscar 2020 di Los Angeles, Amerika Serikat, 9 Februari 2020, waktu sempat. (Amy Sussman / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Léa Seydoux

Aktris asal Prancis ini mengenakan gaun putih panjang dari Louis Vuitton. Busana dengan detail rok panjang dan lebar tersebut terbuat dari serat kain berbasis kayu.

Bahan ini merupakan bagian dari kampanye kolaborasi dengan Red Carpet Green Dress yang menyuarakan pentingnya fesyen berkelanjutan, termasuk di karpet merah Oscar 2020.

2 dari 3 halaman

Jane Fonda

Oscar 2020
Jane Fonda menghadiri Oscar 2020 di Los Angeles, Amerika Serikat, 9 Februari 2020, waktu sempat. (KEVIN WINTER / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Buktikan komitmen tak akan membeli baju baru lagi, Jane Fonda mengenakan busana yang sudah dikenakan saat menghadiri Cannes 2014. Tak lagi membeli pakaian jadi cara sang aktris senior protes pada isu perubahan iklim.

Oscar 2020
Olivia Colman menghadiri Oscar 2020 di Los Angeles, Amerika Serikat, 9 Februari 2020, waktu sempat. (Amy Sussman / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Olivia Colman

Olivia Colman mengenakan gaun rancangan Stella McCartney yang terbuat dari material velvet ramah lingkungan. Pilihan busana dengan konsep berkelanjutan sebelumnya sudah tampak dikenakan Olivia saat menghadiri BAFTAs minggu lalu.

Oscar 2020
Adam Driver dan Joanne Tucker menghadiri Oscar 2020 di Los Angeles, Amerika Serikat, 9 Februari 2020, waktu sempat. (AMY SUSSMAN / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Joanne Tucker

Berjalan di karpet merah bersama Adam Driver, Joanne Tucker mengenakan gaun lawas Oscar de la Renta. Busana tersebut terdiri dari tight black bodice berpadan bawahan beraksen lebar dengan detail floral cantik.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓