PODCAST Lifestyle: Serba-serbi Vegan dan Vegetarian

Oleh Asnida Riani pada 09 Apr 2020, 09:10 WIB
Diperbarui 09 Apr 2020, 09:10 WIB
PODCAST Lifestyle

Liputan6.com, Jakarta - Gerakan ramah lingkungan, terkhusus pengurangan jejak karbon, berujung pada adaptasi diet vegan maupun vegetarian. Klasifikasi yang acap kali disebut sama tersebut membuat PODCAST Lifestyle tergelitik mengulas beda keduanya.

Public Campaign Specialist WWF Indonesia Margareth Meutia mengatakan, bisnis peternakan dunia, yang sebagian besar terpusat di Amerika Selatan, merupakan salah satu industri dengan jejak ekologis yang sangat signifikan.

Industri peternakan membutuhkan lahan yang sangat luas, maka dari itu pemenuhannya seringkali dilakukan dengan pembukaan lahan hutan secara besar-besaran. Vegetarian pun diliputi berbagai mitos, salah satunya rumor kekurangan protein.

Di samping itu, terdapat pula kreasi-kreasi yang mendekati makanan asli, namun ternyata ramah vegan maupun vegetarian. Makanan-makanan ini di antaranya mencakup telur, tuna, bahkan kerang kipas sekalipun.

Dalam pengulasan vegan dan vegetarian, tim Liputan6.com juga langsung mencicip ke beberapa restoran bermenu plant-based meal. Lengkapnya bisa langsung di simak lewat PODCAST Lifestyle dengan klik link di bawah.