Sukses

Alasan Wishnutama Lantik Para Pejabat Baru Kemenparekraf Malam Hari: Biar Lebih Fun

Wishnutama membandingkan acara pelantikan pejabat baru Kemenparekraf dengan kondangan.

Liputan6.com, Jakarta -  Berbagai terobosan dan gebrakan dilakukan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio. Salah satunya dengan melantik pejabat Eselon 1 dan Eselon 2 di malam hari.

Dia mengatakan melakukan itu agar jajaran petinggi di kementerian yang dipimpinnya tak terjebak kepada rutinitas. Pelantikan itu dilangsungkan di kantor Kemenparekraf, Jakarta Pusat, Rabu, 5 Februari 2020.

Usai pelantikan Wishnutama menyebut jam yang dipilih dalam pelantikan yang biasanya pagi menjadi malam hari, menjadi sinyal akan banyak perubahan yang dibuat di Menparekraf.

"Sebenarnya pelantikan ini adalah pesan. Pesannya tidak perlu kita melakukan sesuatu yang selama ini kita lakukan itu itu saja. Jangan kita terjebak dalam rutinitas dan gaya-gaya lama," ucap Wishnutama.

"Jadi, kalau orang bilang keukeuh, pokoknya saya bilang malem. Ya malem lah, toh orang kawinan juga banyak yang malam kok. Kalau pagi atau siang, setelah acara kita masih harus kerja lagi. Nah kalau malam setelah acaranya selesai kita bisa langsung pulang, pikiran jadi lebih tenang," sambungnya.

"Suasananya juga nggak harus formal seperti ini, kesannya acara pelantikan kok tegang begini, mungkin harus lebih rileks tapi tetap khidmat," tambahnya lagi.

Gaya kantor juga ibahas oleh Wishnutama. Pria yang lama berkiprah di dunia televisi ini menginginkan perubahan yang lebih rileks.

"Coba gaya kantornya dirubah dikit. Nggak dikit sih, ubahlah gayanya kaya co working space kek. Kita ubah gaya kantor kita lebih fun," tuturnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Utamakan Hasil, Bukan Proses

Kalau memang tak melanggar aturan, ia menginginkan ruang kerja yang lebih terbuka tanpa banyak sekat sehingga lebih bisa berinteraksi dengan lebih baik lagi.

"Ini judulnya pariwisata dan ekonomi kreatif, masa cara kerja kita terlalu serius, yang penting bukan caranya, hasilnya. Yang dilihat masyarakat kan hasil kerja kita bukan cara atau prosesnya. Prosesnya kan bisa beragam cara asalkan nggak melanggar hukum. Jadi sekali lagi, yang penting adalah hasil," ujarnya.

Acara pelantikan yang juga disaksikan oleh Wamenparekraf/Wabadanparekraf Angela Tanoesoedibjo, dihadiri tamu undangan dari kalangan pejabat instansi terkait, pelaku bisnis pariwisata dan ekonomi kreatif.

Lalu, ada para pejabat yang dilantik yang terdiri atas 14 pejabat Pimpinan Tinggi Madya (Eselon I) dan 30 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II).

Wishnutama juga melantik tiga staf menteri yaitu Ardan Adiperdana sebagai staf khusus menteri bidang akuntabilitas, Ricky Yoseph Pesik sebagai staf khusus menteri bidang digital dan industri kreatif, dan Kombes Adi Deriyan sebagai staf khusus keamanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.