Berkunjung ke Palu, Ganjar Pranowo Bertemu Perempuan Wonosobo yang Tak Pulang Sejak 1991

Oleh Komarudin pada 31 Jan 2020, 19:04 WIB
Diperbarui 31 Jan 2020, 19:04 WIB
Forum Nusantara Sosialisasikan Desa Damai Anti Intoleransi dan Radikalisme

Liputan6.com, Jakarta - Pertemuan Ganjar Pranowo dengan Mbah Suripah di Palu, Sulawesi Tengah, berlangsung hangat pada 28 Januari 2020. Perempuan yang berasal dari Kalibawang itu telah lama merantau ke Palu.

"Mbah Suripah, asli Kalibawang, Wonosobo. Ketemu di Palu kemarin, ternyata sejak merantau 1991 belum pernah pulang karena tak punya uang," tulis Ganjar Pranowo sebagai keterangan video, 29 Januari 2020.

Awalnya, Ganjar akan mengajaknya pulang bersamanya. Namun, perempuan itu masih mau menunggu saat Ramadan tiba.

"Tadinya mau tak ajak pulang bareng hari ini, ternyata maunya nunggu puasa besok. Yasudah besok Ramadan saya bantu pulang. Sehat-sehat nggih Mbah Suripah..," lanjut Gubernur Jawa Tengah itu.

Mendengar pernyataan Ganjar Pranowo, wajah perempuan yang dipanggil Mbah Suripah itu terlihat senang. Perempuan berhijab itu juga tampak tertawa. 

2 dari 3 halaman

Tak Mandi

Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo bertemu perempuan yang sejak 1991 tak pernah pulang kampung di Wonosobo, Jawa Tengah (Dok.Instagram/@ganjar_pranowo/https://www.instagram.com/p/B75ZAnQhQfI/Komarudin)

Dalam video itu, Ganjar juga terlihat melakukan video call dari Palu dengan salah seorang saudara Mbah Suripah tersebut. Ganjar meminta perempuan itu memperhatikan wajah lelaki yang berada di telepon genggam itu.

"Mbah wajahnya dilihatin mbah...," kata Ganjar dalam bahasa Jawa.

"Nganu Pak," jawab Suripah sambil membetulkan hijabnya. "Saya tidak mandi tadi," lanjutnya.

"Iya. Baunya emang asem. tapi tidak apa-apa," jawab Ganjar.

Dalam perbincangan itu, Suripah akan pulang ke Wonosobo dan kangen dengan suami dan keluarga. Selain menyiapkan tiket, Ganjar juga berjanji akan memberikan uang saku untuk ibu tersebut.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓