Sukses

Berkunjung ke Palu, Ganjar Pranowo Bertemu Perempuan Wonosobo yang Tak Pulang Sejak 1991

Ganjar Pranowo awalnya hendak mengajak Mbah Suripah pulang ke Wonosobo, Jawa Tengah, dari Palu. Namun, yang bersangkutan menolak. Apa alasannya?

Liputan6.com, Jakarta - Pertemuan Ganjar Pranowo dengan Mbah Suripah di Palu, Sulawesi Tengah, berlangsung hangat pada 28 Januari 2020. Perempuan yang berasal dari Kalibawang itu telah lama merantau ke Palu.

"Mbah Suripah, asli Kalibawang, Wonosobo. Ketemu di Palu kemarin, ternyata sejak merantau 1991 belum pernah pulang karena tak punya uang," tulis Ganjar Pranowo sebagai keterangan video, 29 Januari 2020.

Awalnya, Ganjar akan mengajaknya pulang bersamanya. Namun, perempuan itu masih mau menunggu saat Ramadan tiba.

"Tadinya mau tak ajak pulang bareng hari ini, ternyata maunya nunggu puasa besok. Yasudah besok Ramadan saya bantu pulang. Sehat-sehat nggih Mbah Suripah..," lanjut Gubernur Jawa Tengah itu.

Mendengar pernyataan Ganjar Pranowo, wajah perempuan yang dipanggil Mbah Suripah itu terlihat senang. Perempuan berhijab itu juga tampak tertawa. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Mandi

Dalam video itu, Ganjar juga terlihat melakukan video call dari Palu dengan salah seorang saudara Mbah Suripah tersebut. Ganjar meminta perempuan itu memperhatikan wajah lelaki yang berada di telepon genggam itu.

"Mbah wajahnya dilihatin mbah...," kata Ganjar dalam bahasa Jawa.

"Nganu Pak," jawab Suripah sambil membetulkan hijabnya. "Saya tidak mandi tadi," lanjutnya.

"Iya. Baunya emang asem. tapi tidak apa-apa," jawab Ganjar.

Dalam perbincangan itu, Suripah akan pulang ke Wonosobo dan kangen dengan suami dan keluarga. Selain menyiapkan tiket, Ganjar juga berjanji akan memberikan uang saku untuk ibu tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.