Sukses

Studi: Pasangan dengan Biaya Nikah Rendah Lebih Langgeng

Berdasarkan studi, lebih dari 50 persen pasangan dengan biaya pernikahan kurang dari Rp14 juta lebih langgeng.

Liputan6.com, Jakarta - Dimaksudkan sekali seumur hidup, wajar bila ada pasangan pengantin yang all out dalam menyelenggarakan pesta pernikahan mereka. Tapi, ada sebuah penelitian yang boleh jadi pertimbangan kontras.

Melansir laman Brightside, 30 Januari 2020, para profesor di Emory University, Atlanta, Amerika Serikat, melakukan studi melibatkan tak kurang dari tiga ribu pesta pernikahan. Para ahli menemukan, orang yang biaya pernikahannya kurang dari seribu dolar Amerika atau Rp14 juta lebih dari 50 persennya langgeng.

Komparasi presentase ini dilakukan dengan pasangan yang menghabiskan 20 ribu dolar Amerika atau 273 juta untuk menyelenggarakan pesta pernikahan. Kesimpulannya, mereka yang mengeluarkan lebih sedikit biaya pesta pernikahan lebih langgeng.

Ide serupa nyatanya juga teraplikasi dalam studi tentang cincin pernikahan. Risiko perceraian meningkat seiring mahalnya aksesori tersebut. Berdasarkan studi yang sama, berutang demi pesta pernikahan jadi salah satu sandungan memiliki bahtera rumah tangga yang awet dan bahagia.

Pengujian hipotesa ini juga sudah dilakukan di beberapa penelitian sebelumnya. Beban utang demi pesta pernikahan jadi sebab kedua orang bercerai, setelah posisi pertama, yakni selingkuh.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kiat Lain Punya Hubungan Langgeng

Biaya pernikahan cenderung kecil dapat menurunkan risiko perceraian ditemukan bersama sederet trik lain dalam mempertahankan hubungan. Para ahli juga menemukan pasangan langgeng banyak 'berinvestasi' bukan di pesta pernikahan, melainkan perjalanan bulan madu.

Perjalanan singkat, terlebih ke tempat yang bermakna untuk pasangan suami-istri, sangat disarankan untuk merekatkan ikatan batin.

Perjalanan ini direkomendasikan tak dilakukan hanya sekali setelah menikah. Berdasarkan data, pasangan yang menjalani banyak perjalanan petualangan bersama, 59 persennya punya pernikahan yang sukses dan bahagia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.