Sukses

6 Mitos Umum Seputar Foundation, Bagaimana Faktanya?

Mulai dari dapat membuat muka tampak lebih mulus hingga terlihat eksotis merupakan beberapa mitos yang beredar mengenai foundation.

Liputan6.com, Jakarta - Foundation atau sering disebut alas bedak merupakan makeup yang diaplikasikan pada wajah sebelum mengaplikasikan bedak. Foundation menjadi salah satu alat make up yang terbilang cukup membingungkan untuk menemukan yang sesuai dengan warna kulit.

Kulit terlihat orange, tampilan tidak rata, atau warna yang terlalu putih menjadi beberapa permasalahan yang sering dihadapi saat mengaplikasikan foundation. Hal itu wajar terjadi, sebab ada begitu banyak informasi, yang beberapanya keliru, mengenai masalah pengaplikasian foundation ini.

Informasi yang keliru tersebut memunculkan beragam mitos mengenai pemakaian foundation. Misalnya, mungkin Anda pernah dilarang mengaplikasikan foundation jenis apa pun langsung ke wajah atau harus mengaplikasikan tiga lapis foundation ke muka.

Untuk meluruskan anggapan yang keliru, berikut ini beberapa mitos yang sering kita dengar dan fakta tentang foundation yang dilansir dari Well+Good, 30 Januari 2020.

1.  Foundation yang Tebal Dapat Membuat Muka Semakin Mulus

Meskipun Anda dapat menutupi kulit dengan sesuatu yang lebih tebal, ternyata produk yang ringan atau tipis juga mampu melakukan trik tersebut.

“Memakai foundation akan membuat Anda mendapatkan tampilan yang sempurna, full-coverage akan membuat Anda akan terlihat lebih bagus, tetapi tetap harus menampilkan kulit Anda seperti sesungguhnya,”ujar penata rias dan pendiri B3 Balm, Julia Dalton-Brush.

2.  Memakai Foundation Harus Langsung ke Muka

Untuk tampilan wajah yang mulus, penata rias Gita Bass menyarankan untuk meletakkan foundation ke atas punggung tangan terlebih dahulu, jadi bukan langsung ke wajah, seperti mitos yang selama ini banyak kita dengar.

Alasannya, foundation yang menyatu dengan kulit akan terlihat lebih baik. Selain itu, untuk menghindarkan kulit dari foundation yang terlihat terlalu tebal.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Aplikasikan Concealer Sebelum Foundation

Mengaplikasikan concealer sebelum foundation menurut make up artist (MUA), Angela Calisti adalah  urutan yang terbalik.

Sebaiknya, aplikasikan foundation terlebih dahulu kemudian oleskan concealer ringan dengan menggunakan ujung jari. Oleskan di daerah yang menurut Anda perlu untuk ditutupi oleh concealer.

4. Anda Dapat Memakai Foundation yang Sama Sepanjang Tahun

Membeli foundation dalam setiap musim tentu bukan hal yang menyenangkan. Namun penggunaan foundation yang berbeda ini sesuai bagi mereka yang hidup di negara empat musim. Menurut penata rias artis, Dalton Brush, tidak ada salahnya memiliki koleksi foundation di lemari rias Anda.

Biasanya Anda akan memiliki warna dan formula foundation yang sesuai dengan musim panas di mana kulit cenderung lebih cokelat. Namun, tidak ada salahnya menggunakan foundation yang sesuai dengan musim dingin saat Anda berada di musim panas.

5. Tidak Perlu Menggunakan Primer

Meskipun ada foundation tertentu yang tidak membutuhkan primer untuk membantu mempertahankan make up, Anda sebaiknya tetap menambahkannya sebelum mengaplikasikan foundation ke muka.

“Primer adalah apa yang mengaturr riasan Anda dan menyediakan tampilan yang sempurna,” terang Calisti.

6. Foundation Dapat Membantu Kulit Lebih Eksotis

Jika Anda seseorang yang rajin memakai SPF, foundation adalah pilihan produk termudah untuk membantu Anda menampilkan kulit yang terlihat glowing. Tetapi ketika Anda menggunakan warna yang lebih gelap agar terlihat kecokelatan, Anda malah akan terlihat seperti menggunakan foundation dengan warna yang salah.

Calisti mengatakan, sebelum mengaplikasikan foundation akan lebih baik untuk mencocokkan terlebih dahulu dengan kulit Anda. Akan lebih baik lagi jika mengujinya langsung di bawah sinar matahari agar warnanya terlihat lebih nyata.  (Tri Ayu Lutfiani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.