Sukses

Ridwan Kamil Viralkan Video Atraksi Rebahan di Seutas Tali ala Pemuda Garut

Ridwan Kamil menyebut atraksi itu menjadi salah satu tradisi warga Desa Wisata Cinunuk, Garut, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Jawa Barat kembali memiliki destinasi wisata baru bernama Desa Cinunuk, Wanareja, Garut. Ridwan Kamil meresmikan desa tersebut menjadi desa wisata unggulan Jawa Barat.

"Saya dan Bu Cinta @ataliapr menginap dan bermalam di rumah Pak Dadang dengan konsep Homestay. Silakan wisatawan yang datang untuk memakmurkan warga desa dengan menginap di rumah-rumah penduduk setempat," tulis Ridwan Kamil dalam akun Instagramnya, Kamis, 30 Januari 2020.

Dalam unggahan itu, lelaki yang akrab disapa Kang Emil itu menampilkan sebuah video seorang lelaki yang sedang akrobat di atas seutas tambang dengan tiang bambu.

"LAIS adalah seni budaya khas Garut, yaitu leyeh-leyeh atau akrobat dengan satu tali dengan tiang bambu menjadi atraksinya. Inilah salah satu atraksi tradisional dari Desa Wisata Cinunuk Wanaraja Garut," jelas Emil.

Selain atraksi rebahan di atas udara di Desa Wisata, terdapat wisata sungai, rafting, sawah, sejarah dengan artefak kunonya. Tak hanya itu, ada juga wisata petik jeruk garut atau siem yang bagian luarnya hijau, tapi rasanya manis sekali.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ratusan Desa Wisata

Ridwan Kamil menjelaskan, ratusan Desa Wisata akan dilahirkan dalam lima tahun ke depan. Hal itu dilakukan untuk menjadikan Jawa Barat sebagai Provinsi Pariwisata inklusif dan berkelanjutan.

"dimana warga desa ikut sejahtera. Dan melalui promosi digital tentunya," jelas Emil.

Selain video, ia juga mengunggah beberapa potret saat berada di sana. Seperti memberikan bantuan renovasi homestay desa wisata, memetik jeruk.

Warganet banyak yang mengomentari atraksi rebahan di atas seutas tambang itu. "Masih bingung cara naiknya dibantu apa?" tanya seorang warganet.

"Rebahan dengan cara yg ekstrim," imbuh warganet yang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.