Sukses

Pindah ke Rumah Baru? Pastikan 6 Hal Ini Sudah Dipersiapkan

Ada beberapa hal penting yang perlu Anda persiapkan dengan seksama agar proses pindah rumah berjalan lancar dan lebih ringan.

Liputan6.com, Jakarta Pindah ke rumah baru tentu menjadi momen yang ditunggu-tunggu banyak orang. Sebab rumah baru sama artinya dengan memulai hidup baru, merasakan suasana baru dan mengharapkan hidup yang lebih baik dari sebelumnya.

Namun, tidak sedikit juga orang yang pindah ke rumah baru merasa stres dan kerepotan. Karena ada waktu, tenaga, dan biaya yang harus dikeluarkan tidak sedikit. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada beberapa hal penting yang perlu Anda persiapkan dengan seksama agar proses pindah rumah berjalan lancar dan lebih ringan.

1. Persiapan awal di rumah baru

Sebelum pindah ke rumah baru, pastikan kebutuhan pokok di rumah baru sudah dilengkapi. Misalnya instalasi listrik sudah terpasang, sistem sanitasi bekerja dengan baik, kelengkapan kunci pintu dan keamanan lainnya. Sembari cek kelengkapan rumah, Anda bisa juga membersihkan setiap sudut rumah agar tidak penuh debu. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, akan mengurangi tingkat stres dan urusan yang harus diselesaikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Pelajari dimensi tiap ruangan

Selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mempelajari dimensi hingga fungsi masing-masing ruangan. Proses ini akan memberikan gambaran cara memasukkan barang ke dalam rumah dan proses ekseskusi pindahan secara keseluruhan. Ini juga akan membantu Anda dalam menentukan tata letak perabotan rumah tangga.

3 dari 5 halaman

3. Bikin kategori barang yang dikemas

Kemas atau packing barang-barang kamu sesuai kategori. Misalnya furniture, perabotan dapur, elektronik, pernak-pernik hingga barang berharga dan perhiasan yang kamu miliki. Untuk perhiasan dan sejenisnya kamu harus beri perhatian khusus. Siapkan satu kotak khusus yang akan Anda bawa sendiri selama pindahan.

Tak lupa, periksa dan seleksi barang-barang apa saja yang akan dibawa pindah ke rumah baru. Jika tidak layak pakai, Anda bisa mendonasikan atau membuangnya.  Setelah diseleksi, Anda bisa mengepaknya sesuai dengan kategori barang dan penempatan nanti di rumah baru. Saat mengemas dan packing, beri nama/label pada setiap dus/kotaknya. Untuk barang mudah pecah,  sebaiknya dibungkus terlebih dahulu dengan bubble wrap dan tandai bahwa barang tersebut mudah pecah atau fragile.

4. Persiapkan budget

Persiapan penting yang tidak boleh dilewatkan adalah budget untuk pindah. Budget ini terdiri dari sewa kendaraan, jasa pengangkutan, biaya untuk mengemas, makanan dan minuman serta biaya tak terduga lainnya.

4 dari 5 halaman

5. Penyedia Jasa Pindahan

Begitu banyaknya barang yang harus dipindahkan dan diangkut ke rumah baru dengan kendaraan khusus tentunya kamu butuh penyedia jasa angkut barang pindahan. Untuk urusan ini, Anda bisa mengandalkan TheLorry, penyedia jasa layanan angkutan barang-barang dan pindahan rumah yang bisa mempermudah Anda untuk mengangkut barang dengan aman dan berbiaya terjangkau.

TheLorry jasa angkut barang pindahan memiliki  beberapa pilihan kendaraan untuk angkutan barang dan pindahan sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari Van, Pickup Bak dan Pick up Box yang memiliki kapasitas maksimal 800kg. Lalu, ada Engkel Bak dan Engkel Box yang memiliki dimensi 350x160x160 dan mampu mengangkut berat barang maksimal 2.000kg. Ingin dimensi angkutan yang lebih besar? TheLorry juga memiliki kendaran Double Bak dan Double Box yang dimensinya 560x200x200 dan memiliki daya angkut maksimal 4.000kg.

Jasa angkut barang pindahan via TheLorry harga mulai 85.000 dan juga menyediakan jasa tambahan manpower untuk membantu mengangkut barang ke atas mobil. Biayanya terjangkau dan transparan, menghindarkan Anda dari tindakan scam maupun  penipuan. Menariknya, bulan ini TheLorry punya promo dan diskon hingga 30 persen setiap pemesanan di Jabodetabek.

Tak hanya untuk pindahan rumah, TheLorry juga melayani jasa pindahan kantor, dan jasa angkut barang UMKM.  Kunjungi website TheLorry untuk keterangan lebih lanjut. Anda juga dapat langsung mengunduh aplikasi TheLorry jasa angkut barang pindahan dan jasa pindahan rumah yang tersedia di Play Store atau App Store.

5 dari 5 halaman

6. Ajukan Cuti

Agar proses pindah ke rumah baru berjalan lancar dan penataan perabot sesuai keinginan, ada baiknya Anda mengajukan cuti kerja. Supaya juga tidak terlalu bergantung harus pindah di hari libur akhir pekan atau weekend. Sebaiknya hindari juga pindahan di waktu malam hari untuk menghindari barang-barang yang terselip dan tidak mengganggu lingkungan.

Itulah beberapa persiapan penting sebelum pindah ke rumah baru. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati rumah barunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.