Sukses

Demi Keragaman, Mattel Rilis Barbie Botak hingga Satu Kaki

Lewat koleksi terbaru Barbie, Mattel ingin memberikan pandangan multi dimensi tentang kecantikan dan mode.

Liputan6.com, Jakarta Selama ini perusahaan boneka asal Amerika Serikat, Mattel selalu memproduksi boneka Barbie yang cantik maupun boneka pria yang tampan yang diberi nama Ken.

Tampilan boneka mereka selalu sempurna. Namun yang terbaru, mereka merayakan keragaman dengan merilis Barbie dengan berbagai kondisi. Barbie kini ada versi vitiligo hingga tanpa kaki yang mewakili keragaman kondisi.

Mattel mengatakan ingin memberikan pandangan multi dimensi tentang kecantikan dan mode. Sebagai merek global, Barbie ingin menunjukkan keragaman global dan inklusivitas.

Kampanye inklusif Mattel sendiri sebenarnya telah berlangsung selama lima tahun terakhir. Sampai saat ini, Mattel telah memproduksi boneka Barbie dalam lima tipe tubuh, 22 warna kulit, 76 gaya rambut, 94 warna rambut, dan 13 warna mata.

Sedangkan untuk boneka Ken, tersedia dalam empat jenis bentuk tubuh yang berbeda, 13 warna kulit, 9 warna mata, dan 22 warna rambut

Dilansir USA Today, 27 Januari 2020, Mattel memperkenalkan Barbie dengan kondisi kulit vitiligo. Salah satu model vitiligo yang populer adalah Winnie Harlow. Kulit wajahnya memiliki bercak putih dan belang. Vitiligo sendiri adalah kelainan pada produksi melanin dan sel pigmen tubuh.

Selain vitiligo, Barbie juga meluncurkan boneka botak yang merepresentasikan kondisi alopecia. "Kalau ada gadis yang mengalami kerontokan rambut karena alasan apapun, dia bisa merefleksikan lewat koleksi boneka ini," demikian pernyataan resmi Mattel.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Terbaik Mempelajari Disabilitas

Barbie juga merilis boneka yang memiliki satu kaki dengan kaki prostetik. Boneka ini dirilis tahun lalu dan bekerjasama dengan aktivis remaja bernama Jordan Reeves.

"Aku meyakini kalau boneka adalah cara terbaik bagi anak-anak untuk mempelajari tentang disabilitas," ucap Jordan.

Tahun ini, Barbie terus mengkampanyekan keragaman dengan merilis sejumlah boneka dengan berbagai kondisi lainnya. Yang terbaru ada boneka Ken yang berambut panjang sampai Barbie yang berada di kursi roda.

Boneka Barbie vitiligo akan tersedia di musim semi 2020 ini, dan Barbie berkepala botak atau tanpa rambut dan Barbie dengan kaki palsu akan tersedia pada akhir tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.